Metro

Lagi Cluster ABK di Balikpapan Positif Covid-19, Total 52 Kasus

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi (kiri) saat memberi keterangan pers di Balai Kota, Selasa (26/5/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Satu lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Balikpapan. “Ada dua hasil pemeriksaan swab yang kami peroleh dari dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya. Satu terkonfirmasi posotif dan satu negatif,” jelas Wali Kota HM Rizal Effendi di Balai Kota, Selasa (26/5/2020).

Pasien Covid-19 terbaru berasal dari Anak Buah Kapal (ABK) berjenis kelamin laki – laki berusia 47 tahun. Dengan begitu, positif Covid-19 di Balikpapan menjadi 52 kasus. Dua meninggal dunia, 17 pasien masih dirawat, sisanya yakni 33 orang dinyatakan sembuh.

Adapun, satu hasil swab negatif yakni pasien dalam pengawasan (PDP) dan kini diperkenankan pulang. Sehingga, total PDP yang masih dirawat sebanyak 14 orang.

Untuk orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 172 dari sebelumnya 168 orang. Lanjutnya, orang dalam pemantauan (ODP) berkisar 327 orang. Dan spesimen yang masih menunggu hasil uji dari BBLK Surabaya berjumlah 22 spesimen.

Sementara itu, hasil rapid test 208 orang yang dilakukan di Balikpapan Superblock (BSB) 23 Mei 2020 lalu, satu orang di antaranya dinyatakan reaktif dan kini tengah menunggu hasil pemeriksaan swab. “Berharap tidak banyak terjadi lonjakan karena kami melihat perkembangan hari ini Bapak Presiden meninjau Bekasi dan beberapa daerah untuk menerapkan New Normal. Walaupun tidak PSBB kami akan melakukan hal serupa (New Normal) sepanjang masyarakat bisa menjaga disiplinnya, jaga jarak, menggunakan masker, tetap banyak di rumah kecuali yang berkepentingan, sering mencuci tangan dan mencukupi asupan gizi untuk menambah kekebalan dan imunitas tubuh,” pungkasnya. (*)

hut pelindo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top