Metro

Tiga Pasien Sembuh, Dua Positif Covid-19 Warga Luar Balikpapan

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberikan keterangan pers di Balai Kota, Sabtu (30/05/2020).(foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Berdasarkan hasil laboratorium PCR Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), ada dua pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19. “Keduanya berjenis kelamin laki-laki, berusia 51 tahun dan 49 tahun. Merupakan orang tanpa gejala (OTG), bukan warga Balikpapan,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di Balai Kota, Sabtu (30/5/2020).

Dijelaskan, kedua pasien melakukan Rapid Test secara mandiri dengan hasil yang dinyatakan reaktif sehingga ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab. “Balikpapan sebagai kota transit, ada yang hanya numpang lewat tapi ketika hasil Rapid Test reaktif atau hasil swab positif maka harus dirawat di Balikpapan sehingga sekarang penambahan bukan dari warga Balikpapan,” terangnya.

Selain itu juga, ada tiga pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Masing-masing, pasien yang terkonfirmasi positif dari teman gereja, satu pasien cluster ABK dan satu pasien berusia 35 tahun dari perjalanan dari Jakarta.

Adanya penambahan pasien baru yang dinyatakan positif maka total kasus Covid-19 di Balikpapan mencapai 60. Dua pasien meninggal dunia, 20 orang masih dirawat di rumah sakit dan 38 pasien dinyatakan sembuh.

Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 44 orang dan Orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 96 orang. Sedangkan, 276 orang dalam pemantauan (ODP). “Mulai 3 Juni 2020 sampai dengan 30 Juni 2020 akan diberlakukan pemeriksaan kesehatan PCR dan TCM bagi warga bukan Balikpapan, untuk menekan R Nought (RO) (angka penularan awal, Red),” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top