Metro

Bandara SAMS Balikpapan Tersibuk Kedua Saat Larangan Mudik

Aktivitas di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (foto: kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kendati ada larangan mudik Lebaran periode 25-31 Mei 2020, Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan tercatat sebagai tersibuk kedua setelah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dari total 15 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero). Dengan melayani 857 pergerakan pesawat dan melayani hingga 3,59 juta Kilo Gram (Kg) angkutan kargo. Dari total 7.931 pergerakan pesawat dan 34,7 juta Kg angkutan kargo di lingkungan Angkasa Pura I.

“Ada peningkatan yang cukup tinggi untuk penerbangan reguler di beberapa bandara yang kami kelola. Penerbangan H+1 hingga H+6 masa larangan mudik, didominasi kargo sebanyak 4.883 penerbangan, diikuti penerbangan khusus seperti penerbangan repatriasi dan penerbangan darurat lainnya sebanyak 1.929 dan penerbangan reguler sebanyak 1.119,” ujar Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan melalui siaran persnya, Rabu (3/6/2020).

Berdasarkan data rencana operasional 1 Juni 2020 terdapat 361 jadwal penerbangan di mana sebanyak 234 jadwal merupakan penerbangan reguler, 89 penerbangan angkutan kargo dan 39 penerbangan pengecualian atau khusus.

Adapun tujuan rencana penerbangan terbanyak yakni 60 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Juanda Surabaya, 39 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, 35 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta, 31 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan 18 rencana penerbangan dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top