Metro

Empat Pekerja dan Satu Mahasiswa Menambah Panjang Daftar Kasus Covid-19 di Balikpapan

Wali Kota Balikpapan HM. Rizal Effendi saat memberikan keterangan pers di Balai Kota, Kamis (04/06/2020).(foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Empat pekerja dari luar kota dan satu mahasiswa menambah panjang daftar kasus Covid-19 di Kota Balikpapan menjadi 71. Seluruhnya bukan warga Kota Balikpapan.

“Kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan bertambah lima,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di Balai Kota, Kamis (4/6/2020).

Dijelaskan, kelima pasien berjenis kelamin laki-laki. Satu pasien orang tanpa gejala (OTG) merupakan mahasiswa. Melakukan Test Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Kanudjoso Djatiwibowo untuk keperluan bepergian ke Jakarta. Pasien kedua merupakan pekerja sektor minyak dan gas (Migas) berusia 39 tahun riwayat kontak dengan kasus positif sebelumnya.

Selanjutnya, pasien ketiga sampai dengan kelima merupakan pekerja di perusahaan yang sama. Datang ke Balikpapan dengan penerbangan yang sama. Melakukan pemeriksaan PCR di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) sebelum bertolak ke lokasi kerja namun pemeriksaan dinyatakan positif. Ketiga pasien masing-masing secara berurutan berusia 25 tahun, 33 tahun dan 19 tahun.

Sehingga, pasien yang masih dirawat menjadi 26 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah sembilan orang. Sedangkan, orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 19 orang dan orang dalam pengawasan (ODP) berjumlah 110. Spesimen yang masih diperiksa 18.

Sedangkan hasil Rapid Test dari total 1.057 partisipasi bagi kalangan pramusaji, barista, pedagang hingga pekerja hotel, 22 di antaranya dinyatakan reaktif. Dari hasil itu, akan dilakukan Rapid Test tahap kedua dengan jenis alat yang berbeda. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top