Ekbis

Jamin Keamanan Sistem Elektronik, Pegadaian dan BSSN Jalin Kerja Sama

Penandatanganan kerja sama Pegadaian dan BSSN dalam rangka keamanan sistem elektronik (foto-foto: kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-PT Pegadaian (Persero) menjalin kerja sama sistem keamanan informasi dan data elektronik dengan Badan Siber dan Sandi Indonesia (BSSN) yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dan Kepala BSSN Hisan Siburian.

“Pegadaian kali ini menjalin kerjasama dengan BSSN dalam meningkatkan pengamanan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang cyber security, serta pertukaran informasi terkait keamanan teknologi informasi,” kata Kuswiyoto di Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Kuswiyoto mengatakan bahwa perkembangan teknologi melahirkan peluang dan tantangan termasuk di sektor keuangan yang terus bertransformasi menuju industri 4.0 yang berbasis digital dengan model bisnis baru. Oleh karenanya Pegadaian pun terus mengembangkan bisnis agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat dan mampu bersaing dengan pendatang baru seperti fintech.

Lebih lanjut Kuswiyoto menjelaskan bahwa kerjasama pengamanan teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan meliputi asistensi proteksi keamanan, audit keamanan informasi, security assesment, konsultasi penanggulangan dan pemulihan insiden siber, layanan investigasi maupun penyidikan bidang siber dan sandi, serta layanan security monitoring system. Sedangkan untuk peningkatan dan pengembangan SDM bidang cyber security, BSSN akan membantu melakukan sertifikasi SDM dalam bidang keamanan siber.

Print Friendly, PDF & Email

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top