Metro

Pertama di Balikpapan, Bocah 8 Tahun Positif Covid-19 dari Total Penambahan Tujuh Kasus

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberikan keterangan pers di Balai Kota, Rabu (10/06/2020).(foto: kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Penambahan kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan hari ini, Rabu (10/6/2020) kembali mengalami peningkatan. “Kami mendapatkan laporan baik dari TCM di RSKD (Rumah Sakit Umum Daerah dr Kanudjoso Djatiwibowo, Red) Balikpapan dan PCR di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. Ada tujuh terkonfirmasi positif,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di Balai Kota.

Secara terinci, ketujuh pasien tersebut di antaranya pasien pertama berjenis kelamin perempuan berusia 60 tahun datang ke rumah sakit karena memiliki riwayat penyakit. Sesuai ketentuan rumah sakit bahwa setiap pasien wajib melakukan skrining terlebih dahulu. Berdasarkan pemeriksaan Rapid Test dinyatakan reaktif. Dilanjutkan pemeriksaan swab dengan hasil positif. Pasien kedua, ketiga dan keempat merupakan transmisi lokal kontak erat dengan BPN 62 berjenis kelamin perempuan masing-masing berusia 32 tahun, 62 tahun dan 8 tahun. Adanya pasien Covid-19 berusia 8 tahun merupakan kasus pertama di Balikpapan.

Selanjutnya, pasien kelima berjenis kelamin laki-laki yang merupakan karyawan migas kontak erat dengan BPN 55 hasil tracking PCR RSPB. Lanjutnya, pasien keenam dan ketujuh juga berjenis kelamin laki-laki kontak erat dengan BPN 75 merupakan karyawan migas.

Dengan begitu, total kasus Covid-19 di Balikpapan berjumlah 90. Rinciannya, dua orang meninggal, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 50 orang. Sedangkan, pasien yang masih dirawat sebanyak 38 orang.

Pasien dalam pengawasan (PDP) dirawat sebanyak empat orang dan orang tanpa gejala dalam pengawasan (OTG) berjumlah 42 orang. Orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 219 orang dan proses spesimen dalam pemeriksaan ada 48 sementara 19 spesimen dalam perjalanan pengiriman.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top