Metro

Ada Cluster Baru, Besok Pemkot Balikpapan Rapid Test Massal di Baru Ilir dan Tengah

dr Andi Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kasus positif Covid 19 di Kota Balikpapan mengalami kenaikan dengan munculnya cluster baru yang berasal dari keluarga. Seperti yang telah disampaikan oleh tim Gugus Tugas Covid 19 Kota Balikpapan bahwa dengan adanya penambahan cluster keluarga atau bisa disebut juga dengan cluster Kampung Baru mempengaruhi R Nought (RO) yakni tingkat penularan awal. Yang sebelumnya berada 0,31 menjadi 0,87. “Mari tetap terus waspada terhadap penularan Covid 19 di dalam lingkungan keluarga sekali pun, tetap selalu mengikuti protokol (kesehatan pencegahan) Covid 19. (seperti) Memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan walaupun di dalam kegiatan atau kumpul dengan keluarga, mungkin lengah merasa di rumah sendiri sehingga tidak melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 maka terjadilah penularan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty di Balai Kota, Jumat (12/6/2020).

Dia menjelaskan, cluster Kampung Baru berawal dari satu kasus yakni BPN 62. Seorang laki-laki berusia 39 tahun datang ke rumah sakit 21 Mei 2020 dengan keluhan khas Covid 19 batuk, pilek, demam dan sesak nafas. Kemudian langsung dirawat dan dilanjutkan pemeriksaan swab dan ternyata terkonfirmasi positif berdasarkan laboratorium PCR Rumah Sakit AW Sjahranie Samarinda.

Selanjutnya, karena terkonfirmasi positif sehingga dilakukan tracing (lacak kontak) kepada seluruh riwayat. Pemeriksaan dilakukan kepada teman kantor sebanyak enam orang yang hasilnya negatif. Namun, riwayat kontak dengan keluarga cukup besar yakni 17 orang dan semua keluarga tersebut sudah dilakukan tracing.

Saat ini berdasarkan hasil tracing, tiga yang merupakan anggota keluarga semua dinyatakan positif. Masing-masing, BPN 81 berusia 63 tahun dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Kanudjoso Djatiwibowo kemudian BPN 82 berusia 43 tahun dirawat di Rumah Sakit dr R Hardjanto Balikpapan dan BPN 83 berjenis kelamin perempuan berusia 18 tahun juga dirawat Rumah Sakit dr R Hardjanto Balikpapan. “Kami masih terus melanjutkan proses swab kepada keluarga ini,” terangnya.

Kemudian berdasarkan hasil swab yang keluar 10 Juni 2020. Masing-masing berjenis kelamin perempuan berkode BPN 85, 86, 87 yang berusia 32 tahun, 62 tahun dan 8 tahun. Disusul berjenis kelamin laki-laki berusia 37 tahun dan berusia 10 tahun merupakan BPN 92 dan BPN 93 yang merupakan kontak erat dengan BPN 62. Dinyatakan positif berdasarkan hasil PCR Rumah Sakit dr R Hardjanto Jakarta 11 Juni 2020.

Dari 18 orang yang dilakukan swab ada sembilan orang yang terkonfirmasi positif. Sembilan pasien tersebut bertempat tinggal di kawasan Kampung Baru sehingga dinamakan cluster kampung baru atau cluster keluarga.

Dengan adanya cluster ini, Sabtu 12 Juni 2020, Pemerintah Kota Balikpapan akan mengadakan Rapid Test massal di Puskesmas Baru Tengah dan Puskesmas Baru Ilir. “Kami tidak membatasi untuk Rapid Test jika ada yang merasa kontak erat dengan cluster ini, silahkan untuk pemeriksaan,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top