Metro

Kabar Duka, Satu Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Dua Positif Terpapar, Enam Sembuh

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberikan keterangan pers di Balai Kota, Jum’at (12/6/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN- Tim Gugus Tugas Covid 19 Kota Balikpapan mengumumkan perkembangan virus Corona hari ini, Jum’at (12/6/2020) di Balai Kota.

“Hari ini, ada dua yang terkonfirmasi positif, enam dinyatakan negatif dan ada satu kasus pasien Covid-19 meninggal dunia,” jelas Wali Kota Balikpapan sekaligus Ketua Gugus Tugas HM Rizal Effendi.

Ia menjelaskan, dua kasus baru yang terkonfirmasi positif berjenis kelamin laki-laki. Pertama, berusia 27 tahun pemegang kartu tanda penduduk (KTP) luar Balikpapan. Pasien merupakan pekerja alat berat perusahaan pertambangan di Kaltim. Ia beserta istri sudah menetap tiga pekan di Balikpapan. Diketahui terinfeksi positif Covid-19 usai menjalani pemeriksaan PCR di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) untuk memenuhi persyaratan bepergian menggunakan pesawat udara. Hasil pemeriksaan dinyatakan reaktif alias positif.

Sedangkan, pasien kedua berusia 20 tahun. Terdekteksi berdasarkan hasil Rapid Test massal di puskesmas bagi pelaku usaha kuliner, restoran dan barista yang diadakan beberapa minggu lalu. Pemeriksaan dilanjutkan melalui metode swab Laboratorium Kesehatan Daerah (Lakesda) Samarinda dan dinyatakan positif. Selanjutnya pasien disebut sebagai cluster Kampung Baru. Karena sebelumnya ada juga cluster keluarga yang juga berada di kawasan yang sama.

Terkait itu, besok, Sabtu 13 Juni 2020, Pemerintah Kota Balikpapan akan menggelar Rapid Test massal di dua Puskesmas di kawasan tersebut. Masing-masing Puskemas Baru Ilir dan Baru Tengah.

Selain penambahan kasus baru, dihari yang sama ada juga pasien yang terkonfirmasi negatif dan dinyatakan sembuh. Sebanyak enam orang. Masing-masing empat berasal dari ODP, satu PDP dan seorang lagi terdeteksi skrining untuk tindakan medis sehingga dilakukan perawatan dengan Covid 19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan.

Kabar lainnya, satu pasien Covid-19 meninggal dunia pukul 05.45 yakni BPN 81 yang berusia 63 tahun dan mempunyai kontak erat dengan BPN 62. Ia merupakan hasil tracking 3 Juni 2020 dan mempunyai keluhan yang khas sekali dengan Covid yaitu batuk pilek sesak, demam dan hipertensi. Dirawat di ICU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan. Merupakan penderita lanjut usia sehingga gejala cepat memberat dan akhirnya meninggal dunia tadi pagi “Telah dimakamkan berdasarkan protokol pemakaman Covid 19,” terangnya.

Sehingga, total kasus positif berjumlah 95 yakni tiga orang meninggal dunia, 57 orang pasien dinyatakan sembuh dan pasien yang masih dirawat berjumlah 35 orang.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top