Metro

Simulasi Pesta Pernikahan Versi Aspedi, Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan Beri Banyak Catatan

Kepala DKK Balikpapan dr Andi Sri Juliarty (kanan) saat meninjau simulasi resepsi pernikahan di tengah pandemi Covid-19 di Grand Tjokro Hotel, Rabu (24/06/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pesta pernikahan di tengah pandemi Covid-19 yang dirancang Asosiasi Pengusaha Jasa Dekorasi Indonesia (Aspedi) Balikpapan mendapat banyak catatan dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan. Hal itu diketahui saat simulasi pesta pernikahan yang digelar di Grand Tjokro Hotel, Rabu (24/6/2020). “Sebelum fase new normal untuk kegiatan resepsi pernikahan diharapkan ada banyak sekali komunikasi dari pihak event organizer dengan kami. Salah satu tahapannya adalah kami memohon adanya simulasi mulai dari awal sampai selesai resepsi,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty dijumpai di sela kegiatan.

Catatan ditinggalkan meliputi wajib menambah sarana cuci tangan dilengkapi stiker yang memuat informasi cara mencuci tangan yang benar hingga tanda jarak agar tidak berkumpul. Khusus pengelola tempat acara, diimbau mengganti kran pencucian tangan yang dapat didorong dengan siku bukan dengan tangan. Selain itu, bagi pihak keluarga mempelai juga diatur. “Jangan sampai mengatur tamu tetapi tidak mengatur keluarga mempelai,” imbuhnya. Tak cuma itu, kapasitas gedung juga menjadi perhatian berikutnya. “Tamu yang datang (maksimal) 50 persen dari kapasitas gedung,” serunya.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diterapkan yakni jalan masuk untuk seluruh tamu diberi jarak 1 meter ke kiri dan kanan. Sedangkan untuk tamu yang datang berpasangan agar tidak berdekatan walau pun jarak 1 meter ke depan sudah dilaksanakan. Menambahkan larangan berswafoto di pelaminan bagi para tamu. Tidak ada live music. Khusus untuk tata cara menyantap hidangan pesta, tim Gugus Tugas Covid-19 menawarkan opsi tambahan. Yakni makanan dibawa pulang dan dihidangkan ditiap meja.

“Kami juga menyarankan saat mencetak undangan, ditulis juga bahwa acara ini akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sehingga yang akan hadir pun sudah bersiap memakai masker dari rumah. Jika bisa membawa hand sanitizer sendiri kemudian jika ada aturan-aturan tidak tersinggung,” terangnya.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top