Metro

ASN Instansi Vertikal dan Cluster Maluku Utara Genapi Covid-19 Balikpapan menjadi 162 Kasus

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberikan keterangan pers di Polresta Balikpapan, Jumat (26/6/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN- Kasus Covid-19 di Kota Balikpapan kembali bertambah. “Hari ini ada tiga yang terkonfirmasi negatif dan sudah dinyatakan sembuh baik dan enam yang terkonfirmasi positif,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberi keterangan pers di Polresta Balikpapan, Jumat (26/6/2020).

Keenam pasien Covid-19 tersebut, laki-laki berusia 29 tahun ASN dari instansi vertikal atau pusat yang bertugas di pelabuhan. Ia melakukan pemeriksaan rutin dan hasilnya dinyatakan positif. Pasien kedua juga laki-laki berusia 55 tahun dengan kartu tanda penduduk (KTP) Jakarta. Ia terdeteksi positif Covid-19 saat melakukan pemeriksaan untuk persyaratan penerbangan. Lanjutnya, pasien ketiga seorang laki-laki berusia 66 tahun yang merupakan skrining dari Rapid Test massal di Puskesmas.

Selanjutnya, pasien keempat berusia 39 tahun yang bekerja di Maluku Utara. Ia merupakan hasil tracing dari BPN 118 cluster pekerja Maluku Utara. Mengingat kembali BPN 118 seorang laki-laki 40 tahun yang juga bekerja di Maluku Utara. Kembali ke Balikpapan mempunyai keluhan mirip Covid-19 seperti batuk, pilek, demam dan pada saat pemeriksaan hasilnya positif terinfeksi Covid-19. Ia mengaku, rekan kerjanya di Maluku Utara banyak yang terkonfirmasi Covid 19.

Kemudian, pasien kelima seorang laki-laki yang juga bekerja di Maluku Utara. Ia merupakan hasil tracing BPN 118 cluster pekerja Maluku Utara. Pasien keenam seorang laki-laki berusia 34 tahun bekerja di Batu Kajang, Kalimantan Selatan (Kalsel). Ia merupakan pekerja migas yang melakukan pemeriksaan untuk kembali bekerja ke lokasi kerja yang hasilnya pun terkonfirmasi positif.

Sementara pasien yang dinyatakan negatif dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan dua kali berturut-turut yakni BPN 79 bukan warga Balikpapan. Dirawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan selama 20 hari . Ia merupakan pekerja yang akan kembali ke lokasi tambang di Kutai Timur. Lanjutnya, BPN 92 dirawat Rumah Sakit dr R Hardjanto selama 15 hari yang merupakan cluster keluarga. Khusus cluster keluarga, sudah tiga orang yang dinyatakan sembuh dari total delapan positif Covid-19. Kemudian, BPN 108 dirawat selama 12 hari yang merupakan kontak erat dari BPN 101 dari kelompok pemuka agama.

Sehingga, total kasus positif Covid-19 di Kota Balikpapan menjadi 162. Rinciannya, empat meninggal dunia, 60 orang masih dirawat dan pasien dinyatakan sembuh sebanyak 98 orang.

Adapun pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat sebanyak 13 orang. Sedangkan, orang dalam pemantauan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG) masing-masing secara berurutan 408 dan 167. Spesimen yang masih menunggu hasil pemeriksaan sebanyak 50, yang merupakan hasil tracing. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top