Metro

Bertambah Delapan Kasus Covid-19 di Balikpapan, Empat Hasil Kontak Erat Sesama Pekerja Migas

dr Andi Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Data perkembangan Covid-19 Kota Balikpapan, Sabtu (27/6/2020), bertambah delapan kasus.

“Diterima delapan kasus terkonfirmasi positif yaitu satu dari (hasil pemeriksaan) Siloam Hospital dan tujuh dari Rumah Sakit Pertamina Balikpapan,” pesan tertulis Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty melalui aplikasi percakapan.

Kedelapan pasien tersebut di antaranya seorang laki-laki berusia 36 tahun ber-KTP Semarang. Ia merupakan karyawan perusahaan multinasional bidang pelayanan jaringan telekomunikasi. Tiba 15 Juni 2020 melalui Bandara APT Pranoto Samarinda kemudian melanjutkan perjalanan ke Long Ikis Kabupaten Paser pada 17 Juni 2020 dan keesokan harinya ke Balikpapan. Ia dinyatakan reaktif Covid-19 saat melakukan Rapid Test sebagai persyaratan perjalanan udara ke daerah asal. Dan Jumat 26 Juni 2020, ia dinyatakan positif usai menjalani pemeriksaan lanjutan yakni PCR, 22 Juni 2020 lalu.

Pasien kedua, laki-laki berusia 40 tahun ber-KTP Jakarta, bekerja di sektor migas di Balikpapan. Ia diketahui memiliki riwayat perjalanan ke Jogyakarta-Jawa Barat-Jakarta dalam rangka cuti. Sebelum memulai rutinitas kerja, ia terlebih dahulu melakukan test PCR di RS Pertamina dan terkonfirmasi positif. Selanjutnya, pasien ketiga seorang laki-laki berusia 37 tahun juga ber-KTP Semarang. Ia merupakan karyawan perusahaan migas di Balikpapan dan hasil tracing lanjutan pasien BPN 149. Mengingat riwayat dari BPN 149, ber-KTP Bontang, laki-laki berusia 45 tahun hasil tracing dari pasien BPN 114.

Pasien keempat berjenis kelamin laki-laki berusia 35 tahun bekerja sebagai teknisi perusahaan migas. Ia melakukan test PCR karena akan tugas ke Jakarta dan hasilnya, terkonfirmasi positif. Kemudian, pasien kelima seorang laki-laki berusia 22 tahun, KTP Bogor dan merupakan hasil tracing lanjutan pasien BPN 148 dan BPN 149. Lanjutnya, pasien keenam seorang laki-laki berusia 37 tahun, pemegang KTP Lampung. Ia pekerja di perusahaan migas dan merupakan lanjutan tracing pasien BPN 124 yang dinyatakan positif. Adapun pasien BPN 124, laki-laki berusia 38 tahun tercatat sebagai karyawan perusahaan migas yang merupakan hasil tracing dari BPN 107.

Sedangkan pasien ketujuh seorang laki-laki berusia 29 tahun. Ia pekerja migas dan merupakan lanjutan tracking kasus BPN 145. Pasien kedelapan juga seorang laki-laki berusia 37 tahun. Ia pekerja migas yang mengikuti skrining perusahaan lewat pemeriksaan Rapid Test dengan hasil reaktif dan dilanjutkan test PCR yang hasilnya terkonfirmasi positif.

Bersamaan dengan itu, ada empat pasien yang dinyatakan negatif Covid-19 alias sembuh setelah melalui pemeriksaan dua kali berturut-turut. Antara lain BPN 121 berusia 28 tahun bukan warga Balikpapan dan merupakan hasil tracing BPN 117.
Kemudian BPN 125 yakni pasien berjenis kelamin perempuan berusia 37 tahun. Ia menjabat sebagai accounting, memiliki riwayat kontak erat dengan BPN 110 dalam tugas-tugas di kantor. Lanjutnya, BPN 129, seorang laki-laki berusia 44 tahun. Ia supir perusahaan swasta yang membawa karyawan dari Kutai timur ke Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) untuk melakukan pemeriksaan PCR.

Disusul BPN 132, laki-laki berusia 41 tahun, warga luar Balikpapan. Ia karyawan perusahaan catering yang bertugas untuk mengantarkan pesanan ke lokasi tambang.

Hingga, Sabtu 27Juni 2020, total Covid-19 di Balikpapan menjadi 170 kasus. Rinciannya, 64 masih dirawat, 102 sembuh dan empat kasus meninggal dunia.

Disusul pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat sebanyak 17 orang dan orang tanpa gejala (OTG) yang masih dalam pengawasan serta orang dalam pemantauan (ODP) masing-masing sebanyak 183 dan 411.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top