Metro

Dari Merah, Balikpapan Menuju Zona Risiko Sedang Terkait Penyebaran Covid-19

dr Andi Sri Juliarty

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kota Balikpapan mencetak kasus positif Covid-19 terbanyak dibanding dengan daerah di Kaltim. Hingga Jumat (10/7/2020) mencapai 252 kasus. Tapi yang perlu diingat, dari jumlah itu, pasien yang dinyatakan sembuh jauh lebih banyak, mencapai 182 orang. Sedangkan pasien yang masih dirawat sebanyak 65 orang.

Terkait, Balikpapan dipandang laik dikategorikan sebagai daerah zona orange. Yakni daerah dengan tingkat risiko penyebaran Covid-19 di level sedang. Dari sebelumnya dikategorikan sebagai zona merah atau tingkat risiko penyebarannya, tinggi.

“Sekarang Balikpapan di zona merah, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim membuat standar (baru). Yakni 50 kasus pasien yang dirawat menjadi zona orange,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty ditemui di Balai Kota, Jum’at (10/7/2020).

Sebelumnya, penetapan zona berdasarkan total jumlah kasus. Akan tetapi, saat ini berdasarkan kasus pasien positif yang masih dirawat. “Ayo berusaha turunkan sampai di bawah 50 supaya bisa berganti warna kemudian berganti lagi dan seterusnya,” terangnya.

Adapun kiat yang dilakukan tim Gugus Tugas Covid 19 dalam upaya memacu tingkat kesembuhan pasien yakni memperbaiki terapi oleh tiap rumah sakit agar pasien segera sembuh.

Sementara dari sisi pencegahan Covid 19 di antaranya menggalakkan penggunaan masker, sering mencuci tangan dan jaga jarak. “Semua harus dilakukan upaya promosi, pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top