Pilkada Balikpapan

Tak Punya Riwayat ke Luar Kota, PPDP di Balikpapan Tak Perlu Rapid Test

Noor Thoha

KOTAKU, BALIKPAPAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan memandang Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) tidak perlu melakukan Rapid Test jika tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota dan tidak pernah kontak erat dengan pasien Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi menyusul adanya Peraturan KPU No 6 tentang kewajiban penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hal itu mengingat pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 digelar di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mensiasatinya seluruh calon PPDP akan diperiksa kesehatannya seperti suhu badan, tensi dan sebagainya. Serta mengisi assessment pencegahan Covid 19. “Jika dalam assessment tersebut tidak bermasalah maka tidak perlu Rapid Test, akan tetapi jika bermasalah maka akan dilakukan Rapid Test,” terang Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha di kantornya, Kamis (9/7/2020).

Disebutkan, di Balikpapan total ada 1.500 PPDP. Monitoring pembentukan PPDP sudah dilakukan di setiap kelurahan. Selanjutnya, petugas akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang akan dilaksanakan 15 Juli 2020-13 Agustus 2020. Dalam kegiatan tersebut, petugas akan dibekali data Daftar Pemilih Potensial Pemilu (DP4). (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top