Ekbis

Bikers Wajib Tahu..!! Tips Aman Merawat Motor Saat Musim Hujan dari Astra Motor Balikpapan

Aman berkendara dengan perawatan rutin kendaraan di bengkel resmi Honda yakni AHASS (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Merawat kendaraan secara rutin penting untuk dilakukan agar performa motor tetap prima dan keselamatan berkendara. Khusus musim penghujan seperti sekarang, Astra Motor Balikpapan akan berbagi tips dan trik merawat sepeda motor, bagi para bikers. “Yang pertama mencuci motor. Selain estetika juga dapat mencegah terjadinya kerosi atau adanya karat pada komponen rangka seperti batang sok, rantai dan lainnya,” kata Manager Technical Service Department Dicky Maulana Akbar dalam sebuah kesempatan, Kamis (16/7/2020).

Astra Motor Balikpapan merupakan main dealer Honda area Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU), Paser dan Kaltara.

Dicky, sapaan akrabnya melanjutkan, tips berikutnya yakni memastikan kondisi rantai motor (Cub/Sport) dalam keadaan baik. Pengecekan rantai kendaraan dapat dilihat pada “swing arm”. Itu karena setiap jenis motor berbeda. Tak lupa memastikan tekanan ban agar tetap aman saat mengendarai motor kesayangan. “Kalau tekanan ban sesuai standar pastinya kendaraan stabil dan ban akan awet,” imbuhnya. Pengecekan kondisi busi motor hal lain yang wajib dilakukan.

Fungsinya untuk memastikan bahwa proses pembakaran sempurna. Dilanjutkan dengan memeriksa kondisi kenalpot.
Fungsinya untuk meyakinkan kondisi knalpot dalam keadaan baik alias tidak bocor serta baut tetap terpasang kuat dan kencang.

Menyusul pemeriksaan kanvas rem dan piston cakram rem agar pengereman bekerja dengan maksimal. “Bukan hanya pengecekan kampas rem saja. Lampu rem juga harus dicek. Lampu rem yang baik itu, menyala sebelum rem ditekan dengan full,” gebunya. Dan yang utama, melalukan perawatan motor secara berkala di bengkel resmi Honda yakni AHASS.

“Jika rekan-rekan tetap ingin berkendara, pastikan selalu #cari_AMAN saat di jalan, mengenakan alat berkendara dengan lengkap seperti helm, jaket, celana panjang, sepatu, masker, kacamata, SIM, STNK maupun keadaan badan yang fit,” sambung Dicky.

Nah para bikers, utamanya konsumen motor Honda, tetap rawat motor kesayangan dan jangan sungkan untuk meminta mekanik AHASS untuk melakukan perawatan di rumah. “Karena mekanik kami ahli dan sudah tersertifikasi. Saat ini mekanik kami juga sudah melakukan standar protokol kesehatan serta melakukan kegiatan pembelian dan servis sekarang sudah ada dalam satu aplikasi yaitu MOTORKU X,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top