Metro

Gara-Gara Covid-19, di Balikpapan Detik-Detik Proklamasi Akan Diganti Sirine

HM Rizal Effendi

KOTAKU, BALIKPAPAN-Gara-gara pandemi Covid-19, peringatan HUT RI tahun ini dipastikan jauh berbeda. Utamanya saat pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi yang menandai peringatan HUT RI. Ya, upacara yang sejatinya kental dengan suasana khidmat bahkan mampu membakar semangat nasionalisme dan menyita perhatian seluruh masyarakat, akan menjelma menjadi kegiatan yang jauh dari kata semarak.

“Peringatan detik-detik proklamasi nanti di seluruh Indonesia dilakukan sangat terbatas, jadi jumlah undangan sangat terbatas, Paskibraka juga terbatas dan pelaksanaan sangat dibatasi,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi terkait pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT RI 17 Agustus mendatang, di Balai Kota, Minggu (19/7/2020).

Sebagai gantinya, peringatan HUT RI juga akan ditandai dengan suara sirine. Nah, saat sirine berkumandang, masyarakat pun diimbau untuk berhenti sejenak dari seluruh aktivitas.

Ia juga mendorong seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan upacara di tempat masing-masing.

Adapun pelaksanaan upacara bendera akan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti menggunakan masker dan jaga jarak. “Upacara tidak dilaksanakan di Lapangan Merdeka tetapi hanya di halaman Balai Kota,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top