Pilkada Balikpapan

KPU Balikpapan Beri Pembekalan Mendalam Operator Sidali

Noor Thoha

KOTAKU, BALIKPAPAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan memberikan pembekalan kepada operator yang mengelola data dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang diserahkan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai KPU. “Operator inilah yang kami sedang lakukan pembekalan karena menyangkut ITE harus orang pertama yang harus paham ITE dulu baru teknisnya,” jelas Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha di kantornya, Rabu (29/7/2020).

Thoha menjelaskan bahwa KPU melakukan evaluasi Coklit tidak Day to Day melainkan per 10 hari, akan tetapi monitoring terus dilakukan. “Tadi pagi melakukan monitoring di Sepinggan, memastikan PPDP kami jalan bukan selesai dievaluasi terus tidak jalan, malah lumpuh,” terangnya.

Dalam monitoring itu ada sebagian besar PPDP yang sudah selesai mencoklit seluruh warganya. “Kami melihat di rumah-rumah sudah ada stikernya,” ucapnya.

Adapun kendala yang dialami PPDP dalam mencoklit mayoritas dikarenakan tidak bertemu dengan penghuni rumah.

Dalam pembekalan pada operator tersebut dilakukan dua kecamatan setiap harinya agar membimbingnya lebih mengena dan tepat sasarannya. Selain itu juga, mengikuti protokol kesehatan agar tidak berkerumun.

Selanjutnya, akan ada kegiatan berikutnya yakni sosialisasi pemantau. Untuk melakukan kegiatan harus mengantongi registrasi dari KPU dan mendapatkan registrasi itu ada syaratnya jika sudah memenuhi syarat akan diberikan Id Card untuk bisa melakukan pemantauan atau survey. “Kami akan ingatkan lagi bahwa ini masa di mana yang melakukan pemantauan boleh, lembaga survey boleh, lembaga jejak pendapat boleh tapi nanti ada waktunya,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top