Metro

Bantu Andik Gakin Belajar Daring, Disdikbud Balikpapan Gelar Peduli Pendidikan 1.708

Muhaimin

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kota Balikpapan masih berada di zona merah karena perkembangan Covid-19 semakin tinggi. Pemerintah tidak berani memutuskan anak didik (Andik) belajar di sekolah sehingga dilakukan secara daring. “Sementara pembelajaran daring kami tahu ada keluhan orang tua misalnya begini, punya anak tiga, punya anak dua tapi HP cuma satu atau laptopnya cuma satu sehingga harus bergantian sementara jam pembelajaran sama,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhaimin di temui di Kantornya, Kamis (30/7/2020).

Dia menjelaskan juga bahwa anak didik yang memang dari segi ekonomi tidak mampu karena tidak punya HP atau laptop sehingga belajarnya suka tidak suka dilakukan dengan visit home yakni guru yang datang ke rumah. Akan tetapi kalau jumlahnya banyak akan membebani guru apalagi rumahnya berjauhan satu dengan yang lain.

Sehingga dari permasalahan salah satu pembelajaran daring yang menjadi kendala adalah prasarana. “Kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berinisiasi, kami mencoba ketuk hati para orang tua yang memang mampu kemudian yang mempunyai HP yang sudah tidak dipakai dalam kondisi baik misalnya akan mengganti HP atau misalnya mempunyai laptop atau notebook di kantor-kantor yang memang dalam kondisi yang bisa digunakan kami imbau untuk didonasikan ke Dinas,” serunya.

Untuk mengetahui siswa yang berhak menerima bantuan tersebut, pihak sekolah ketika masuk ajaran baru 13 Juli 2020, para orang tua anak didik sudah mengisi kuesioner dan membuat angket. Isi dari kuesioner tersebut mengenai pembelajaran daring itu bisa mengikuti atau tidak, kalau bisa mengikuti paralatan apa yang dimiliki di rumah dan tidak bisa mengikuti akan menyampaikan alasannya misalnya tidak punya laptop atau smartphone.

“Dasarnya dari data real yang ada di sekolah dan dari data itu nanti usulan dari sekolah akan kami rekap, seberapa pun kami dapat sampai dengan 15 Agustus itu yang akan kami serahkan ke anak-anak yang memang di sekolah dan penyerahan itu pada saat upacara bendera di masing-masing kecamatan di sekolah,” tukasnya.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top