Metro

Kali Pertama, 14 Tenaga Medis di Balikpapan Positif Covid-19

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat memberikan keterangan pers di Balai Kota,Kamis (30/07/2020).(foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Balikpapan masih menyandang status zona merah karena kasus Covid 19 semakin meningkat. “Hari ini ada 31 yang terkonfirmasi positif dan lima yang terkonfirmasi sembuh,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di Balai Kota, Kamis (30/07/2020).

Secara akurasi, 11 pasien pertama yang terkonfirmasi positif merupakan hasil test swab massal dari Pasar Muara Rapak. Kemudian, 14 kasus yang terkonfirmasi positif yang merupakan tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman.

Rizal mengatakan bahwa pasien yang terkonfirmasi di RSUD Beriman terjadi di Unit Gawat Darurat (UGD) sehingga sementara tidak memberikan pelayanan di UGD. Sejak pukul 12.00 Wita siang tadi tidak melayani pelayanan hingga Senin depan. Jadwal besuk tidak bisa dilakukan sementara untuk menghindari penularan yang lebih besar dan pelayanan pun dibatasi.

Pasien ke 26 seorang laki-laki berusia empat tahun yang merupakan hasil tracing BPN 279. Seorang perempuan berusia 59 tahun yang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. Seorang laki-laki berusia 71 tahun yang merupakan PDP dengan riwayat cormobit. Seorang PDP berusia 59 tahun yang dirawat di RSUD dr Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD). Seorang laki-laki berusia 40 tahun yang merupakan cluster Tanjung Aju, migas, Kutai Kartanegara (Kukar). Pasien ke 31 seorang laki-laki berusia 47 tahun yang merupakan cluster Tanjung Aju, migas, Kukar.

Adapula pasien yang dinyatakan negatif alias sembuh sebanyak lima orang yakni BPN 468 seorang laki-laki berusia 41 tahun, BPN 401 seorang laki-laki berusia 41 tahun, BPN 405 seorang perempuan berusia 38 tahun, kemudian BPN 304 perempuan berusia 51 tahun dan BPN 237 juga perempuan berusia 37 tahun.

Begitu pun ada dua kasus yang meninggal dunia yakni satu pasien yang belum keluar hasil swab yang meninggal pukul 01.01 Wita di RSUD Beriman. Satu pasien yang dinyatakan positif BPN 313 dari pedagang Pasar Muara Rapak seorang laki-laki berusia 63 tahun yang meninggal pada pukul 16.05 Wita. Kedua pasien tersebut dimakamkan secara protokol Covid 19.

Secara keseluruhan total kasus positif berjumlah 486 orang di antaranya 15 orang yang meninggal dunia, pasien yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 55 orang, pasien yang diisolasi berjumlah 102 orang dan pasien yang dinyatakan negatif sebanyak 314 orang.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top