Corak

Warga Start III Balikpapan Kompak, Hewan Kurban Hasil Iuran

Panitia saat melakukan penyembelihan hewan kurban (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Hari Raya Iduladha dirayakan seluruh umat Islam di dunia. Penyembelihan hewan kurban dan kemudian dibagikan menjadi ciri khas dari Hari Raya Iduladha. Seperti yang dilakukan di masjid Qomarul Hidayah di Jalan Start III RT 27 Kelurahan Gunung Samarinda, Sabtu (1/8/2020).

“Hewan kurban saat ini sebanyak tujuh ekor sapi dan empat ekor kambing,” jelas Koordinator panitia H Muchdir.

Daging kurban ini akan dibagikan kepada tiga rukun tetangga (RT) yakni RT 27, RT 28, RT 29. Secara terinci, RT 27 sebanyak 75 penerima, RT 28 sebanyak 165 penerima, RT 29 sebanyak 110 penerima. Kemudian dibagikan ke TPA, kelurahan, Asyifa, KUA dan panitia. “Semua warga tiga RT mendapatkan walaupun non muslim,” terangnya.

Dijelaskan, hewan kurban hasil iuran warga dari ketiga RT yang dipungut setiap bulannya, sebesar Rp 250 ribu selama 11 bulan sehingga terkumpul Rp 2,750 juta. Program iuran ini sudah berjalan semenjak 20 tahun yang lalu. “Semua hewan kurban hasil iuran warga,” serunya.

Ketua masjid Qomarul Hidayah yang sebelumnya pengurus masjid Nur Salam menuturkan bahwa adanya Covid 19 membuat jumlah hewan kurban berkurang. Dari biasanya puluhan ekor. Penyelenggaraan pun saat ini dilakukan dengan protokol kesehatan. “Hadistnya berat kalau masih diberikan rezeki cukup, tidak kurban tidak usah datang tempat salatku kata Nabi Muhammad SAW, sangking kerasnya tapi jarang yang berani ustad yang menyampaikan itu, harus disampaikan,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top