Parlementaria

Bapemperda DPRD Balikpapan Tenggat PDAM Dua Hari Laporkan Aset Penyertaan Modal

Andi Arief Agung

KOTAKU, BALIKPAPAN-Terkait rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif DPRD Balikpapan, masing-masing revisi Perda PDAM dan Perda Penyertaan Modal, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan memberi tenggat waktu hingga dua hari ke depan bagi PDAM Tirta Manggar Balikpapan untuk mengelompokkan aset yang menjadi milik perusahaan dan aset yang berasal dari penyertaan modal. Sebab sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal Pemerintah terhadap PDAM Kota Balikpapan, akan diberikan secara bertahap sampai dengan tahun 2020 sebesar Rp 1 triliun. Sementara realisasi yang diterima PDAM hingga saat ini, konon belum mencapai sesuai angka yang ditentukan.

“Oleh karena itu Raperda ini menjadi skala prioritas, jangan sampai Pemerintah Kota Balikpapan melanggar Perda yang dibuat. Kami minta mereka (PDAM, Red) harus kerja kencang, harus segera menyediakan datanya kemudian membuat proyeksi atau bisnis plan supaya kami bisa menentukan angka, berapa sih sebenarnya proyeksi, apakah lima tahun, sepuluh tahun, dua puluh tahun,” jelas Ketua Bapemperda DPRD Balikpapan Andi Arif Agung usai rapat dengar pendapat (RDP) dengan PDAM Tirta Manggar Balikpapan, Senin (3/8/2020).

Dijelaskan, dalam RDP, PDAM menyampaikan, rencana bisnis hingga tahun 2026, layanannya sudah menjangkau 100 persen penduduk Kota Balikpapan yang berjumlah 800 ribu jiwa saat ini. Padahal, situasi kini berbeda. Lebih-lebih lagi, Balikpapan akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. “Proyeksi kami, pertumbuhan penduduk (saat) itu bisa mencapai 2 juta. Jadi harus diperbarui, kemudian dilihat dari kemampuan anggaran pemerintah lima tahun ke depan, apakah penyertaan modal Rp 1 triliun ini akan kami lanjutkan baru kemudian kami tambahkan waktunya atau mungkin disetop atau mungkin berapa nilainya, nanti kami lihat dari situasi,” serunya.

hut pelindo

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top