Metro

Siap-Siap..!! Balikpapan akan Terapkan Denda Rp 100 Ribu bagi Warga Tanpa Masker

HM Rizal Effendi

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kota Balikpapan merupakan daerah yang berstatus zona merah, dikarenakan banyaknya kasus yang terkonfirmasi virus Corona. Penyebaran sudah menjangkau berbagai sektor baik keluarga, pasar, perkantoran sehingga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 wajib ditingkatkan.

“Karena juga ada instruksi Presiden yang terbaru No 6 tahun 2020, maka akan dikeluarkan Peraturan Wali Kota untuk mempertegas pelaksanaan protokol kesehatan,” jelas Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi di kantor PMI, Minggu (9/8/2020).

Ia pun meyakinkan, Perwali tersebut akan rampung hari ini juga.
Dalam peraturan itu dijelaskan bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat terjaring operasi masker akan dikenakan didenda Rp 100 ribu atau menyumbang 10 masker atau menjalani sanksi sosial yakni menyapu jalan.

Sedangkan untuk para pelaku yang tidak menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 akan didenda Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Selanjutnya peringatan sampai akhirnya dilakukan penutupan jika tetap tidak mengikuti protokol kesehatan. “Saya mohon ini menjadi perhatian bersama, karena ini sudah harus diseriusi, kalau sampai rumah sakit nyerah, angkat tangan itu sangat bahaya buat semua, kami (denda tanpa masker di Balikpapan) lebih rendah, Samarinda dan DKI Jakarta itu dendanya Rp 250 ribu,” terangnya.

Menurutnya, berdasarkan pendapat para ahli, ada kemungkinan semua masyarakat akan terinfeksi Covid-19, masyarakat dengan kekebalan tubuh atau imunitas yang baik yang akan bertahan.
“Ini pandangan ahli epidemiologi Universitas Hasanuddin, bilang Balikpapan kira-kira satu persen penduduknya akan terkena, fakta saat ini sudah satu persen penduduk yang kena,” ungkapnya.

Rizal pun mengajak seluruh masyarakat berhati-hati karena pencegahan bukan hanya tugas pemerintah. (*)

hut pelindo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top