Peristiwa

Bangsal di Balikpapan Barat Diamuk Jago Merah, Takluk dalam Satu Jam

Kebakaran di Kawasan pemukiman padat penduduk Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat tadi malam (foto:kotaku.co.id/ist)


KOTAKU, BALIKPAPAN-Si jago merah melalap rumah di kawasan pemukiman padat penduduk RT 17 Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat, Selasa (11/8/2020) malam tadi. “Yang terbakar rumah berbentuk bangsal, satu kosong dan satu di antaranya terisi, ada warga (penghuni),” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Usman Ali ditemui di lokasi kejadian.


Dijelaskan, informasi berawal dari masyarakat melalui telepon sekira pukul 20.30 Wita. Pihaknya mengaku menerjunkan seluruh unit armada pemadam mengingat kebakaran terjadi di kawasan pinggir pantai dan 80 persen bangunan berbahan kayu. Menurut pengamatannya, dalam waktu 40 menit hingga 1 jam, api berhasil ditaklukkan.
Disinggung penyebab kebakaran, ia dan seluruh petugas tengah fokus melakukan pendinginan. “Untuk sementara dugaan kami belum bisa menentukan, nanti biar pihak yang berwajib yang menentukan,” tuturnya kemudian.


Wakil Wali Kota H Rahmad Mas’ud yang terjun langsung ke lokasi kejadian mengimbau kepada seluruh masyarakat, utamanya yang tinggal di pemukiman padat penduduk, untuk terus menjaga lingkungan. “Apalagi ini (musim) angin selatan. Alhamdulillah (saat kejadian) tidak ada angin (kencang) sehingga (api) tidak merambat dan saya juga berterimakasih dengan BPBD Balikpapan dan semua petugas yang terlibat yang telah bergerak cepat dan tanggap dalam memadamkan kebakaran,” ucapnya.
Rahmad meyakinkan, Pemerintah Kota akan hadir membantu bagi warga yang terkena musibah.

Seperti diketahui, salah satu petak bangsal yang terbakar dihuni warga. Selain BPBD, sejumlah petugas lainnya terjun ke lokasi mengerahkan bantuan. Di antaranya, TNI, Polri, PLN, PDAM, gabungan ambulance, Satpol PP, Tagana, Balakarcana dan para relawan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top