Metro

Covid-19 Belum Seberapa, Bupati PPU: Penderitaan Pejuang Raih Kemerdekaan Lebih dari Itu

Bupati PPU H Abdul Gafur Mas’ud (AGM) foto bersama usai menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT ke 75 RI di PPU (foto:kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, PENAJAM-Pandemi Covid-19 bukan halangan bagi seluruh warga memperingati HUT ke 75 Republik Indonesia. Tidak terkecuali di Penajam Paser Utara (PPU). Hari Kemerdekaan RI ditandai dengan kegiatan upacara di halaman kantor Pemerintah Kabupaten. “Upacara HUT RI saat ini sedikit berbeda karena masih dalam kondisi Covid-19 walau pun di tengah wabah tapi ini adalah upacara sangat sakral karena zaman dahulu para pejuang bangsa bukan hanya melalui penderitaan seperti virus Corona tapi berbagai macam penderitaan (dilalui) yang menumpahkan segala pikiran, harta bahkan jiwa raga untuk memerdekakan bangsa. Dan HUT ke 75 hari ini, karena mereka kita semua bisa upacara dengan aman, damai dan sejahtera,” gebu Bupati PPU H Abdul Gafur Mas’ud (AGM) usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI, Senin (17/8/2020).

Ia pun mengajak seluruh masyarakat mengirim doa kepada para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan negeri dan melahirkan generasi penerus yang hingga saat ini menjaga dan mengisi kemerdekaan.

Lebih dari itu, AGM juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersabar, menjaga kesehatan dan kebersihan untuk memenangkan pertarungan melawan virus Corona. “Saya berharap bangsa Indonesia khususnya PPU mendapat keberkahan Allah SWT, selalu kondusif dan masyarakat siap menerima tantangan ke depan,” serunya. Bukan tanpa alasan, PPU merupakan salah satu dari dua wilayah di Kaltim yang dipilih sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Dan berdasarkan hasil kunjungan Wakil Menteri ATR/BPN RI Surya Tjandra ke PPU, pekan lalu, menyebutkan, proyek pembangunan kawasan IKN akan dimulai tahun 2020 mendatang. Adapun wilayah lainnya di Kaltim yang menjadi bagian dari IKN yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Ya, laiknya di daerah lain, peringatan HUT ke 75 RI di PPU digelar secara sederhana dan terbatas guna memutus rantai penularan virus Corona. Upacara dihadiri Wakil Bupati Hamdam, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida). Masih dalam rangka mencegah penularan Covid-19, AGM melanjutkan kegiatan dengan membagikan masker bagi seluruh masyarakat. “Karena masker dapat melindungi masyarakat dari ancaman penularan Covid-19 dan pemerintah pusat juga mewajibkan penggunaan masker bagi masyarakat. Semoga wabah virus Corona segera berakhir,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top