Parlementaria

Pacu PAD, Komisi II DPRD Balikpapan Dorong Pemasangan Tapping Box

H Haris

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kegiatan usaha yang perlahan mulai dipacu gerak bersamaan dengan diterapkannya tatanan hidup baru diharapkan beriringan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk memaksimalkan penerimaan daerah, Pemerintah Kota Balikpapan akan dipersenjatai Tapping Box. Yakni perangkat yang dipasang ditiap usaha Wajib Pajak (WP) dan digunakan sebagai pembanding terhadap laporan omzet yang dilaporkan secara online oleh WP.

“Sekarang kan sudah banyak cafe yang kembali buka, jadi sudah saatnya dipasangi Tapping Box untuk merekam transaksi dan pembayaran pajak secara online,” jelas Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan H Haris saat dihubungi, Jumat (21/8/2020).

Ia pun meminta Badan Pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) untuk memasang alat perekam transaksi tersebut. Diawali dengan menginventarisasi cafe maupun restoran yang telah beroperasi kembali. “Karena sekarang kan cafe-cafe sudah ramai lagi,” serunya.

Menurutnya, Tapping 6box juga dapat memberikan transparansi dalam setiap transaksi konsumen dan pajak yang disetorkan ke kas daerah. “Ya saatnya sekarang Tapping Box dipasang,” tuturnya.

Rencananya pengadaan Tapping Box akan dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021. Pasalnya, APBD tahun ini banyak yang dialihkan guna mengatasi dampak dari pandemi Covid-19. “Saya minta dianggarkan tahun depan, yakinlah pasti ada peningkatan PAD kalau Tapping Box sudah terpasang,” tukasnya.

Untuk diketahui, belum lama ini, Pemerintah Kota Balikpapan memperoleh bantuan Tapping Box dari Bankaltimtara sebanyak 50 unit yang disalurkan bertahap. Jumlah itu dipandang belum mengakomodir seluruh kegiatan usaha yang memiliki berkontribusi terhadap PAD sehingga perlu untuk ditambah. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top