Corak

Kodim 0905 Balikpapan Gelar Komsos Kreatif Pencak Silat

Komsos Kreatif berupa festival Pencak Silat yang digelar Kodim 0905 Balikpapan di Aula Makodim, Minggu (23/8/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU,BALIKPAPAN-Kodim 0905 Balikpapan menyelenggarakan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif berupa festival Pencak Silat yang digelar di Aula Makodim, Minggu (23/8/2020).

“Ini merupakan suatu momen buat kami dalam rangka melaksanakan pembinaan kepada perguruan pencak silat yang ada di Kota Balikpapan,” jelas Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa.

Komsos kreatif ini bertemakan pencak silat warisan budaya nusantara dan warisan dunia yang dibuka langsung oleh Dandim 0905 Balikpapan. Ya, memang pencak silat merupakan salah satu budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Mengingat budaya bangsa Indonesia beranekaragam sehingga perlu untuk terus dilestarikan.

Dalam Komsos ini diikuti delapan peserta dari 21 pencak silat yang ada di Balikpapan yakni Pencak Organisasi IKS PI, PSHT, Tapak Suci, Bunga Islam, PSSR, Pagar Nusa, Persinas Asad. Penilaian festival pencak silat ini di nilai oleh kelima juri dari seni gerakan.

Komsos kreatif pencak silat ini mayoritas diikuti anak – anak muda yang merupakan generasi penerus Bangsa. Bahkan, keahlian pencak silat di Balikpapan sudah tidak diragukan lagi karena sering mengikuti turnamen baik tingkat nasional dan internasional. “Kami harusnya bangga dan bersyukur bahwa nusantara ini mempunyai warisan budaya yang luar biasa dan harus kami angkat,” tegasnya.

Dia berharap dengan festival pencak silat ini dapat membentuk karakter yang mencintai budaya bangsa dan dapat muncul atlet-atlet pencak silat dari Balikpapan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Muhaimin menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0905 Balikpapan beserta jajarannya yang telah memberikan kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam rangka Komsos kreatif khususnya pencak silat.

Lanjutnya, dia pun menjelaskan dengan Komsos kreatif ini dapat menunjukkan kepada warga Balikpapan bahwa pencak silat adalah salah satu warisan budaya leluhur yang wajib dilestarikan. Dan rencana ke depan IPSI juga akan mengadakan Kejuaraan Pencak Silat antar pelajar se Kota Balikpapan. Namun, saat ini masih dalam situasi Covid 19.

Adapun pemenang pertama dalam Komsos Kreatif yakni Persinas Asad, dan untuk pemenang kedua Tapak Suci, sedangkan pemenang ketiga yaitu PSHT.

Perwakilan dari Persinas Asad Ir Abdi Rachmad Romu mengatakan rasa syukur karena telah lama vakum di tengah pandemi Covid-19. Persiapan yang dilakukan hanya satu bulan dan itupun hanya melalui daring. “Pertandingan seperti ini tetap sering diadakan supaya silat ini bisa bangkit karena silat ini adalah budaya nasional,” harapnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top