Parlementaria

DPRD Balikpapan Akan Bahas Pertanggungjawaban Dana Penanganan Covid-19

drg H Syukri Wahid

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pekan depan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan akan meminta pertanggungjawaban penggunaan anggaran penanganan Covid-19.

“(rencananya) Minggu depan (DPRD akan) memanggil BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Red) terkait pertanggungjawaban penggunaan anggaran Covid 19,” jelas Ketua Panitia Khusus (Pansus) Covid 19 drg H Syukri Wahid ditemui Kamis (27/8/2020).

Adapun alokasi anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 136 miliar, dihimpun dari hasil pengalihan sebagian anggaran belanja organisasi perangkat daerah (OPD). Penggunaannya meliputi bantuan sosial 70 ribu kepala keluarga (KK) terdampak Covid-19, pembelian alat pelindung diri (APD), masker dan kebutuhan penanganan maupun pencegahan Covid-19 lainnya.

“Laporan yang sudah kami terima untuk progres penggunaan 60 persen sedangkan untuk progres 100 persen hingga saat ini belum kami terima. Konon, dana tak terduga itu sudah terpakai semua,” tuturnya.

Lanjut dia menerangkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Balikpapan, akan ada bantuan sosial tambahan yang diberikan kepada 30 persen atau sebanyak 21 ribu KK dari total 70 ribu KK penerima bantuan, periode sebelumya.

Wacana bantuan sosial tambahan tersebut sudah diajukan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan. “Dananya sudah ada, tinggal peruntukkannya kepada siapa,”tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top