Parlementaria

DPRD Tanah Laut Selami Cara Balikpapan Tingkatkan Kualitas Hidup Warganya

Kunker Komisi II DPRD Kabupaten Tanah Laut Kalsel di DPRD Balikpapan (foto: kotaku.co.id/niken)
Edi Purwanto

KOTAKU, BALIKPAPAN-Sebagai kota dengan indeks pembangunan manusia (IPM) yang terus meningkat setiap tahunnya melatarbelakangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Laut untuk berguru ke Kota Balikpapan.

“Rata-rata lama sekolah di Balikpapan ini cukup bagus dan itu menjadi salah satu pemicu IPM naik terus. Kami juga ingin memperkuat IPM di Kabupaten Tanah Laut, oleh karena itu kami kemari agar dapat belajar, apa yang dilakukan di Kota Balikpapan terkait pendidikan,” kata Ketua Komisi II DPRD Tanah Laut Edi Purwanto di sela kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Balikpapan, Jumat (28/8/2020).

IPM mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup terdiri atas harapan hidup, lama sekolah, rata-rata lama sekolah dan pengeluaran per kapita. Tahun 2018, IPM Balikpapan di level 79,81 persen. Lebih tinggi dibandingkan IPM Kaltim yakni 75,83 persen dan bahkan IMP nasional 71,39 persen.

Lebih dalam, ia juga mempelajari program dan kegiatan yang dimulai dari Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUAPPAS) yang bisa mempengaruhi rata-rata lama sekolah yang dijalani.

Menurutnya, dengan adanya pemaparan yang telah disampaikan dapat memberikan masukan untuk menjadi rujukan dalam menyusun KUA PPAS, menyusun program, termasuk juga anggaran agar bisa meningkatkan IPM di Kabupaten Tanah Laut. Dalam kunjungannya, Edi Purwanto beserta rombongan diterima hangat Sekretaris DPRD Balikpapan Abdul Aziz. (“)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top