Pilkada Balikpapan

Jika Calon Tunggal, KPU Balikpapan Perpanjang Pendaftaran Pilkada

Noor Thoha

KOTAKU, BALIKPAPAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memperpanjang waktu pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) jika pasangan calon tunggal.

“Sampai berakhir masa pendaftaran 6 September 2020 ternyata yang mendaftar hanya satu (pasangan calon) dan kelihatan hanya satu karena kursi yang tersisa tidak mencukupi oleh musuh maka ada penambahan waktu,” jelas Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha di kantornya, Jumat (4/9/2020).

Penambahan masa pendaftaran tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 12 tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Adapun masa pendaftaran peserta Pilkada telah dibula 4 September 2020. Sesuai jadwal, akan berakhir 6 September 2020. Pasangan H Rahmad Mas’ud-H Thohari Aziz resmi mendaftarkan diri sebagai calon wali kota dan wakil dalam Pilkada Balikpapan, Jumat sore tadi.

Dia menerangkan penambahan waktu yang diberikan selama enam hari. Dengan rincian, tiga hari untuk melakukan sosialisasi yakni 7-9 September dan tiga hari berikutnya untuk pendaftaran. Sehingga, awalnya pendaftaran berakhir 6 September 2020 menjadi 12 September 2020. “Tapi kalau sampai nanti berakhir penambahan waktu tidak ada kami tetapkan sebagai calon tunggal,” ulasnya.

Namun dia menegaskan, penambahan waktu tidak mempengaruhi jadwal penatapan pasangan calon. Dan sebelum adanya penambahan waktu pendaftaran, terlebih dahulu KPU melakukan sosialisasi kepada masyarakat. (*)

hut pelindo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top