Ekbis

Selamat.. Pertamina RU V Balikpapan Ekspor Perdana Solar Standar Euro 4 ke Malaysia

Pengapalan perdana BBM HSD 0.005-%S senilai 9.5 juta dolar AS, produksi kilang Pertamina RU V Balikpapan (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Menjawab tantangan dan permintaan pasar akan bahan bakar diesel bermutu tinggi, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit V Balikpapan selaku pemain hilir, melakukan pengiriman perdana produk High Speed Diesel (HSD) 50 PPM Sulphur ke Malaysia. Sebanyak 200 ribu Barrels atau setara dengan 31.800 KL. Pengapalan oleh kapal MT Ridgebury Katherine Z, Sabtu (5/9/2020). Dengan nilai ekspor 9,5 juta dolar Amerika Serikat (AS). Kapal akan menempuh waktu lima hari untuk sampai tujuan.

“Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya penurunan demand akan bahan bakar, (ekspor ini) milestone yang baik bagi kami Pertamina terkhusus RU V untuk berkomitmen mengupayakan keberlanjutan pasokan energi dan operasional kilang dengan menjawab tantangan dan demand pasar akan produk HSD,” kata General Manager (GM) Pertamina RU V Balikpapan Eko Sunarno, melalui siaran pers usai melepas keberangkatan kapal.

Dijelaskan, produk merupakan hasil dari fraksi diesel di Unit Secondary Kilang RU V Balikpapan, memiliki kualitas Sulphur 50 ppm atau setara dengan produk diesel standard Euro 4 di mana merupakan produk bahan bakar mesin diesel terbaru yang pernah diproduksi kilang RU V.

Selain produk diesel yang berstandar Euro 4 dan memiliki kualitas Sulphur 0.005-%S atau 50 ppm, produk ini memiliki kelebihan lain yaitu Cetane Index minimal 50 (Cetane Number minimal 53) dan flash point minimal 60 derajat Celcius.

Print Friendly, PDF & Email

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top