Metro

Cegah Covid 19, Rapid Test Gratis untuk Ibu Hamil di 27 Puskesmas Balikpapan

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi

KOTAKU,BALIKPAPAN-Kasus Covid-19 di Kota Balikpapan hingga Kamis (1/10/2020) sudah mencapai 3.079 dan saat ini penyebaran juga terjadi pada ibu hamil.

“Melihat kecenderungan jumlah yang terkonfirmasi positif ada kluster ibu hamil yang sudah mencapai 43 orang maka Pemerintah Kota menyediakan Rapid Test secara gratis di Puskesmas khusus untuk ibu hamil terutama dua minggu menjelang melahirkan,” jelas Wali Kota Balikpapan di Balai Kota, Kamis (1/10/2020). Dijelaskan, layanan tersebut disediakan agar saat persalinan dalam keadaan yang sehat dan tidak dalam kondisi positif Covid-19. Akan tetapi, jika pada saat Rapid Test ditemukan reaktif maka segera ditindaklanjuti. Adapun Rapid tes6t gratis di 27 Puskesmas di Balikpapan untuk ibu hamil ini ada jadwal tersendiri, supaya ibu hamil tidak berkumpul dengan pasien lain. “Dalam satu minggu, Puskesmas sekarang ada satu hari menyiapkan waktu Rapid te6st untuk ibu hamil,” jelasnya.

Targetnya, Rapid Test menyasar 5 ribu ibu hamil periode September sampai Desember 2020.

Berdasarkan data yang dilansir Tim Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan, dari 47 ibu hamil terkonfirmasi Covid-19, 27 di antaranya melakukan Rapid Test secara mandiri di Puskesmas. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top