Corak

Gelar UKW ke-18, PWI Kaltim Cetak 15 Wartawan Berkompeten

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun memberikan sambutan sekaligus menutup UKW ke-18 yang digelar PWI Kaltim bersinergi dengan AP3U 3-4 Oktober 2020 di aula Pemkab PPU (foto: kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, PENAJAM-Melalui Ujian Komptensi Wartawan (UKW) ke-XVIII yang digelar 3-4 Oktober 2020 di Penajam Paser Utara (PPU), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kaltim bersinergi dengan Aliansi Pers Penajam Paser Utara (AP3U) cetak 15 wartawan berkompeten. Terdiri empat wartawan madya dan 11 wartawan muda. Menghadirkan tiga penguji. Masing-masing Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun, Dewan Penasehat PWI Kalsel Fathurrahman dan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi.

“Selamat, UKW ke-18 PWI Kaltim lulus 100 persen. Artinya, pesertanya adalah betul-betul orang yang sudah menjalankan fungsi sesuai tugas pokoknya,” kata Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun dalam sambutannya saat penutup kegiatan di aula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU, Minggu (4/10/2020).

Dijelaskan, uji kompetensi wartawan merupakan ajang untuk mengkonfirmasi sekaligus memastikan fungsi dan tugasnya yang selama ini sudah dijalankan.

Selanjutnya, sertifikat yang nanti diberikan merupakan tanggung jawab. “Jika sudah bersertifikat berarti nama wartawan sudah ada di situs Dewan Pers, maka apabila ada jurnalis yang bermasalah dapat diketahui karena dipantau oleh Dewan Pers,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Penasehat PWI Kalsel Fathurrahman menyebutkan, UKW di PPU menggenapi pelaksanaan menjadi ke-432 secara nasional. Melahirkan 12.276 wartawan berkompetensi.

Ucapan selamat juga mengalir dari Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi kepada 15 wartawan yang dinyatakan kompeten dan profesional. “Saya yakin para penguji pasti memberikan catatan. Harap menjadi perhatian, buktikan bahwa anda memang berbeda dengan yang belum kompeten,” ucapnya dalam sambutannya.

Tak lupa, PWI Kaltim mengucapkan terimakasih atas dedikasi kepada tuan rumah. Kendati belum menjadi bagian dari PWI tapi memiliki peranan membantu terlaksananya UKW di PPU. (*)

hut pelindo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top