Peristiwa

Diduga Korslet, Salah Satu Ruang Mapolresta Balikpapan Nyaris Terbakar

Petugas BPBD Kota Balikpapan berserta pihak kepolisian dan instansi lainnya melakukan pendinginan di Mako Polresta Balikpapan (foto: kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Diduga karena adanya hubungan arus pendek atau korsleting listrik, salah satu ruangan di gedung Markas Kepolisian Resort Kota (Mapolresta) Balikpapan nyaris mengalami kebakaran, Jumat (16/10/2020) pagi.

Informasi yang dihimpun, dugaan korsleting listrik terjadi di bagian gedung utama. Di mana bagian atap langsung mengeluarkan asap tebal. Melihat itu, personel kepolisian yang tengah berada di lokasi pun sontak berteriak kebakaran. Dan tidak berapa lama, petugas Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Daerah (BPBD) Kota Balikpapan tiba di lokasi setelah mendapat informasi.

Sejurus kemudian, setelah dilakukan pendinginan, kepulan asap pun berhasil dilenyapkan tanpa berubah menjadi kobaran si jago merah. Dalam peristiwa ini, tidak ada bangunan yang hangus, melainkan hanya bagian atap salah satu gedung saja.

“Tadi tiba-tiba saja berasap bagian atapnya. Persis di gedung utama. Tidak berapa lama, setelah dikabari pihak pemadam, asap langsung hilang tanpa ada kobaran api yang membakar gedung. Yang terbakar hanya bagian atapnya saja,” ujar Hendra (43) salah satu warga di lokasi.

Sementara itu, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi saat dikonfirmasi, membenarkan kejadian itu. Dikatakannya, karena langsung diantisipasi dengan cepat, maka kobaran api tidak sempat merambat dan langsung berhasil dipadamkan.

“Saya mengapresiasi pihak pemadam, karena baru saja diinformasikan langsung direspon dan tiba di lokasi. Jadi kebakaran tidak sempat membesar,” ujarnya.

Tak hanya itu, Turmudi juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan listrik negara (PLN) supaya diprioritaskan. Dan jika memang ada masalah dan perlu melakukan pergantian terhadap instalasi dan membutuhkan biaya, akan ditanggulangi. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top