Pilkada Balikpapan

KPU Balikpapan Tetapkan 1.505 TPS dan 443.243 Pemilih

KPU Balikpapan gelar Rapat Pleno perihal DPSHP dan penetapan DPT tingkat Kota di Hotel Grand Tjokro, Jumat (16/10/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU,BALIKPAPAN-Rapat Pleno terbuka perihal rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat Kota telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan di Hotel Grand Tjokro, Jumat (16/10/2020).

“DPT kami dapati jumlah TPS kami 1.505 dan jumlah pemilih ada 443.243 pemilih,” jelas Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha usai Rapat Pleno.

Berbeda dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) bahwa TPS mengalami peningkatan dikarenakan adanya penambahan TPS di Lapas Rutan. Sedangkan, jumlah pemilih mengalami penurunan dari DPS disebabkan hasil pencermatan di lapangan yang dibantu oleh Bawaslu, ada pemilih yang sudah pindah, pemilih yang sudah meninggal dunia dan pemilih ganda.

“DPT sudah ditetapkan, ternyata ada pemilih yang mempunyai syarat untuk memilih. Misal baru pindah dan dalam waktu dekat ini sudah mendapatkan KTP-nya, maka bisa menggunakan hak pilihnya dengan cara membawa e- KTP di atas pukul 12.00 Wita,” ucapnya.

Apabila ada warga yang berusia 17 tahun pada 9 Desember 2020 tetapi sudah masuk DPT, maka berhak memilih dengan membawa C6 yaitu surat pemberitahuan. “Karena syarat untuk mencoblos harus masuk DPT,” serunya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top