Metro

Pagar Mantap Sumber Rejo Hadir untuk Tingkatkan Pangan di Balikpapan

Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi saat menanam bibit jagung beserta Ketua PKK Arita Rizal Effendi saat launching Pagar Mantap di Jalan Jokotole RT 44 Sumber Rejo, Minggu (18/10/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU,BALIKPAPAN-Launching Pagar Mantep (Pangan Keluarga Mandiri Terpadu) ini merupakan suatu proses dari pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II angkatan XII pusat pelatihan pengembangan dan kajian disentralisasi dan otonomi daerah lembaga administrasi negara yakni Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Heria Prisni.

“Pagar Mantap ini suatu program inovasi yang kami luncurkan dalam proyek perubahan ini untuk mengedukasi kepada masyarakat agar bisa bersama pemerintah dalam hal peningkatan pangan,” tuturnya pada saat launching Pagar Mantap di Jokotole RT.44 Sumber Rejo Balikpapan, Minggu (18/10/2020).

Sejauh ini, penyediaan pangan di Kota Balikpapan sebagian besar berasal dari luar Balikpapan. Oleh karenanya, DP3 membuat gagasan agar semua lapisan masyarakat dapat bekerja sama dalam hal penyediaan pangan. Kemudian, DP3 membuat suatu aplikasi agar masyarakat bisa melihat posisi kemampuan penyediaan pangan di Kota Balikpapan.

Begitu pula, DP3 bekerja sama dengan daerah pemasok yakni Provinsi Sulawesi Selatan terkait pengadaan bawang merah, sehingga pasokan bawang merah tidak langka dan harga bisa stabil. Mengingat Kota Balikpapan, tidak menghasilkan bawang merah tetapi DP3 mencoba menanam bawang merah seluas 8 hektare di daerah Lamaru.

Kesempatan yang sama, DP3 bekerja sama dengan Pupuk Kaltim dan Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN) memberikan kepada enam kecamatan dengan total keseluruhan berjumlah 660 ember budidaya lele, pupuk dan bibit.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top