Metro

Balikpapan Masih Zona Orange, Protokol Kesehatan Tetap ditegakkan

Satgas penanganan Covid 19 Kota Balikpapan

KOTAKU, BALIKPAPAN-Posisi Grafik RO atau R nought Kota Balikpapan yakni 0.64 berdasarkan analisis data Covid 19 pusat Kota Balikpapan memiliki predikat Zona Orange, artinya zona orange yaitu daerah yang berisiko sedang. Masyarakat tetap terus melaksanakan protokol kesehatan, agar predikat zona orange bisa menjadi zona kuning atau zona hijau.

“Perkembangan kasus Covid 19 di Kota Balikpapan hari ini, Senin (19/10/2020), terdapat 11 kasus terkonfirmasi positif, 37 kasus selesai isolasi. Hari ini lebih baik, 11 kasus yang terkonfirmasi positif semua tidak perlu dirawat di rumah sakit, dan tidak ada yang meninggal dunia. Mudah-mudahan angka ini bisa terus membaik seperti ini, agar kami bisa masuk wilayah ke zona kuning atau zona hijau,” tutur Ketua gugus tugas penanganan Covid 19 HM Rizal Effendi saat menyampaikan perkembangan Covid 19 Balikpapan di Balai Kota.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Satgas Covid 19 Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menjelaskan bahwa peta analisis zona risiko dari pusat itu mengacu kepada jumlah persentase kasus sembuh di atas 70 persen. Kemudian, tingkat kematian itu dua persen dan pertumbuhan kasus baru perlu ditekan.

“Untuk Kota Balikpapan masih menjadi perhatian kami harus kerja keras menurunkan tingkat kematian karena saat ini kematian kami masih lima persen ” ucapnya.

Dengan demikian, ketiga indikator itulah yang digunakan oleh gugus tugas Covid-19 pusat untuk menetapkan peta zonasi kabupaten atau kota. Berbeda hal dengan rumus provinsi, karena provinsi masih menggunakan standar angka 51 kasus yang dirawat.

Hingga saat ini, total kasus Covid 19 di Kota Balikpapan mencapai 3.584 dengan rincian pasien yang masih dirawat di rumah sakit 139 orang, pasien yang melakukan isolasi mandiri 423 orang, pasien yang dinyatakan sembuh 2.810 orang dan pasien positif yang meninggal dunia 212 orang.(*)

hut pelindo
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top