Ekbis

Alhamdulillah Umrah Dibuka Lagi, Biro Perjalanan di Balikpapan Berharap Batasan Usia Dihapus

Jamaah umrah PT Asia Permata Wisata saat melakukan perjalanan ibadah jauh sebelum pandemi Covid-19 (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Perjalanan ibadah umrah kembali dibuka mulai 1 November 2020 sejak ditutup Februari lalu akibat pandemi. Kontan saja kabar itu tentu disambut antusias masyarakat yang telah lama merindukan untuk beribadah umrah.

“Sudah banyak yang menghubungi,” kata Direktur Tour and Travel dan Biro Perjalanan Wisata PT Asia Permata Wisata Hj Andi Darmawati dijumpai di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (5/10/2020).

PT Asia Permata Wisata juga melayani perjalanan ibadah umrah dan haji plus yang tergabung dalam Sarikat Penyelenggara Umroh-Haji Indonesia (Sapuhi) dan merupakan cabang Alfa Tour Jakarta.

Tak main-main, ia menyebut ada 40 jamaah yang berlomba untuk mendaftar. Itu belum termasuk 45 jamaah sebelumnya yang tertunda keberangkatannya akibat pandemi Covid-19. Sejatinya 45 jamaah tersebut dijadwalkan berangkat Maret 2020 lalu.

Dimulainya kembali perjalanan ibadah umrah di bawah protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan disiplin yang cukup ketat. Dikatakannya, pertama, untuk sementara hanya maskapai asal Arab Saudi yang diizinkan membawa jamaah umrah yakni Saudi Airlines, pemeriksaan swab dengan hasil tes negatif yang berlaku tidak lebih dari 72 jam sebelum tiba di Arab Saudi, pembatasan usia berlaku untuk 18-50 tahun, menginap di hotel minimal bintang 4 hingga bintang 5, tiap kamar dihuni maksimal dua orang jamaah. Sebelumnya, penyedia jada perjalanan ibadah umrah diperkenankan menggunakan hotel bintang 3 dengan isian empat orang jamaah ditiap kamar. Pun begitu saat perjalanan menggunakan bus, maksimal 25 orang jamaah dari semula 40-50 jamaah ditiap bus.

Pages: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top