Ekbis

Stop Vandalisme! Broadband Internet Telkom Witel Balikpapan Sudah Fiber Optik Bukan Tembaga

Tim Telkom Witel Balikpapan saat memperbaiki jaringan fiber optik yang rusak akibat aksi vandalisme (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Kalimantan menjadi pulau besar pertama di Indonesia dengan full modern broadband. Hadir layanan full modern broadband di Kalimantan adalah wujud nyata Telkom dalam menjamin ketersediaan dengan kualitas yang optimal untuk layanan telekomunikasi. “Telkom telah memperjuangkan dalam membuka akses jaringan broadband diseluruh Indonesia, baik dikota maupun pelosok desa,” kata Executive Vice President (EVP) Telkom Regional VI Riyanto Utomo Raden, dalam siaran pers yang disampaikan Minggu (15/11/2020).

Telkom Witel Balikpapan, salah satu dari enam Witel Telkom di Kalimantan sampai saat ini juga konsisten melayani pelanggan Indihome berupa internet kecepatan tinggi (broadband internet) via jaringan fiber optik. Jaringan kabel tembaga eksisting yang sebelumnya menjadi andalan dalam melayani pelanggan Telkom, telah digulung dengan program scrap, lebih dari setahun yang lalu.

Namun demikian, harapan bisa menjual kabel tembaga dengan harga tinggi telah mendorong vandalisme alias pencurian kabel secara membabi buta, padahal yang terpasang saat ini kabel fiber optik. Potongan-potongan fiber optik yang fisiknya berupa kaca tentu tidak memiliki nilai ekonomis jika dijual.

Seperti kejadian Minggu sore tadi sekitar pukul 15.00 Wita di sekitaran simpang Gunung Pasir. Pelanggan Indihome dengan catuan Optic Distribution Core (ODC) FBE, FBG dan FCJ mengalami gangguan akibat tindakan vandalisme pencurian kabel fiber optik yang dikira oleh oknum adalah kabel tembaga. Petugas yang memeriksa tempat kejadian menemukan potongan-potongan fiber optik dan pipa pelindung (galvanis) bekas digerinda, artinya sengaja dipotong.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top