Hukum

Pria Ini Rampas Kalung Emak-Emak Saat Berjalan Kaki

hamas Ramadhan
Tersangka jambret saat diamankan di Polresta Balikpapan. (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Aksi kriminalitas di Kota Balikpapan masih saja terus terjadi. Kali ini yang menjadi korban adalah seorang ibu rumah tangga atau emak-emak bernama Suparmi. Perempuan berusia 56 tahun itu menjadi korban jambret saat berjalan kaki dan kehilangan kalung emasnya.

Informasi yang dihimpun, aksi jambret yang dialami korban terjadi pada 20 Oktober 2020 yang lalu. Pagi sekira pukul 09.00 Wita, korban tengah berjalan kaki di Jalan Ruhui Rahayu tepat di Perumahan PGRI Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Saat itulah pelaku yang diketahui bernama Isafrudin (38) warga Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Kota, yang menaiki sepeda motor Yamaha Mio Soul dengan nomor polisi KT 5379 HI datang menghampiri korban dari belakang dan langsung merampas kalung emas yang digunakannya.

Setelah berhasil mengambil kalung emas tersebut, pelaku langsung melarikan diri. Akibat kejadian itu, korban pun mengalami kehilangan kalung emas seberat 25 gram ditambah liontin 7 gram yang harganya ditaksir mencapai Rp25 juta. Tak mau hilang begitu saja, korban akhirnya melaporkan kejadian ke Polresta Balikpapan.

“Usai menerima laporan korban, tim langsung melakukan serangkaian penyelidikan hingga mengetahui identitas pelaku dan selanjutnya melakukan penangkapan,” ujar Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Agus Arif Wijayanto, Senin (16/11/2020) sore.

Selain berhasil mengamankan tersangka, pihak kepolisian juga turut mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor pelaku berplat palsu, satu buah helem, dan satu buah slayer warna hitam dengan tulisan warna merah.

Atas perbuatannya, tersangka pun dijerat penyidik dengan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian dan Kekerasan, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top