Pilkada Balikpapan

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan Sirekap

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat tempat pemungutan suara (TPS), dalam pemilihan serentak 2020 dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid 19, di Jalan Tengiri IV RT 24 Manggar Baru, Sabtu (21/11/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat tempat pemungutan suara (TPS), dalam pemilihan serentak 2020 dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid 19.

“Mengadakan simulasi serentak se-nasional, semua kabupaten kota melaksanakan simulasi dengan tujuan melaksanakan konsilidasi internal supaya teman-teman PPK dan PPS siap melaksanakan tugasnya,” jelas Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha usai simulasi di Jalan Tengiri IV RT 24 Manggar Baru, Sabtu (21/11/2020).

Thoha menuturkan terkait Sirekap yang merupakan hal baru sehingga KPPS perlu memahami dan mengetahui bagaimana tata cara Sirekap bekerja. Karena seluruh hitung-hitungan saat ini menggunakan Sirekap, walaupun itu tidak menjadi indikator utama sebagai penghitungan tetapi sebagai alat bantu.

“Berikutnya kami akan evaluasi seluruh kekurangan dalam melaksanakan simulasi ini. Apa kekurangannya, kami akan koreksi semua,” ucap Thoha.

Salah satu evaluasi dari simulasi ini yang merupakan masukan dari Wali Kota Balikpapan yaitu pemakaian sarung tangan dan tidak boleh membawa anak. Awalnya, pemakaian sarung tangan di dalam ruang TPS yang menghabiskan waktu lama sehingga lebih baik pemakaian di ruang tunggu TPS.

Simulasi ini menggunakan surat suara simulasi yang menampilkan calon tunggal berlangsung di TPS 36 Kelurahan Manggar Baru dengan jumlah pemilih sebanyak 303 orang. “Nanti hitungan tidak sampai selesai, begitu nanti hitungan ketemu sama langsung kami tutup, karena ini menggunakan pemilih real agar tidak ketahuan yang mana yang menang,” ujarnya.

hut pelindo

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top