Hukum

5 Kg Sabu Gagal Beredar di Balikpapan

hamas Ramadhan
Empat tersangka yang terlibat jaringan peredaran narkoba jenis sabu saat diamankan di Mapolresta Balikpapan (kotaku.co.id/allagan)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Personel Satuan Reserse Narkoba Polresta Balikpapan berhasil menggagalkan peredaran narkotika dalam jumlah besar di Kota Balikpapan. Tak tanggung-tanggung, barang bukti jenis sabu yang berhasil disita yakni 5 kilogram (Kg) dengan empat orang tersangka.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi mengatakan, pengungkapan ini bermula saat mendapat informasi adanya satu rumah yang kerap dijadikan sebagai tempat transaksi di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat. Mendapat informasi itu, kepolisian pun langsung melakukan penyelidikan dan penggerebekan.

“Di tempat kejadian perkara (TKP) pertama, kami mengamankan satu tersangka berinisial HI (35) dan barang bukti satu paket sabu seberat 50 gram,” ujar Turmudi, Jumat (27/11/2020) sore.

Setelah berhasil mengamankan tersangka pertama, kepolisian selanjutnya melakukan pengembangan ke TKP kedua di Jalan Tanjungpura, Kelurahan Telaga Sari, Balikpapan Kota. Di lokasi ini, petugas mengamankan tiga tersangka lain berinisial AT (28), MA (23), dan ST (24).

“Di lokasi kedua ini, kami mengamankan barang bukti sebanyak 5.066 gram sabu dan selanjutnya dibawa ke Mako untuk pemeriksaan lanjut,” tambah Turmudi.

Sementara dari pengakuan tersangka, sabu seharga Rp35 juta didapat dari seorang pria berinisial HS yang saat ini masih dalam pengejaran. Jadi keempat tersangka masing-masing perannya sebagai pengedar, kurir, serta penyedia tempat penyimpanan.

Atas perbuatannya, para tersangka pun dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 subs Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top