Metro

Jelang Pilkada, Pemkot Balikpapan Fasilitasi Perekaman KTP Elektronik saat Akhir Pekan

hamas Ramadhan
Hasbullah Helmi

KOTAKU, BALIKPAPAN-Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan 9 Desember 2020, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) permudah masyarakat mengurus KTP Elektronik (El) dengan membuka layanan saat akhir pekan. Yakni Sabtu dan Minggu. Utamanya bagi masyarakat yang belum memiliki. Dengan harapan, masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya secara maksimal.

“Yang enggak bisa mengurus (melalui) online, Sabtu dan Minggu itu libur, silahkan datang. Kami layani sampai 9 Desember 2020, hanya khusus perekaman KTP El saja karena mau Pilkada,” kata Kepala Disdukcapil Balikpapan Hasbullah Helmi ditemui kotaku.co.id di Balai Kota, Senin (30/11/2020).

Dijelaskan, selama ini, proses perekamannya berjalan seperti biasa. Namun pendaftaran dilakukan melalui online. Tercatat, ada 11 ribu warga Balikpapan yang belum merekam KTP El.

Disdukcapil Balikpapan termasuk 12 besar perekaman tertinggi di Indonesia yang berinisiatif membuka pelayanan Sabtu dan Minggu sejak dua minggu terakhir ini.

Lanjut Helmi menjelaskan proses pendaftaran Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-12.00 Wita. “Itu daftar sudah dua minggu berjalan, itu untuk mengejar Pilkada. Kami siapkan, kami fasilitasi masyarakat supaya bisa menggunakan hak pilihnya secara maksimal,” imbuhnya.

Selama dibuka, Helmi menuturkan setiap hari ada 200 orang yang melakukan perekaman. “Kemarin hari Minggu yang rekam 160. Artinya tiap hari normal, karena Balikpapan ini sesungguhnya tinggal 0,2 persen yang belum direkam,” imbuhnya.

Helmi mengatakan, ada fenomena yang dinilainya baik, selama beberapa pekan belakangan. Yakni banyaknya anak muda yang baru genap berusia 17 tahun melakukan pendaftaran dan perekaman KTP El.

“Kalau ke kantor Capil sekarang, 75 persen yang ngerekam itu pemula semua, yang tua sudah susah kami melihatnya. Yang muda semua,” tukasnya.

Sejauh ini kesadaran anak muda untuk mengurus KTP El atau pun pendatang juga disinyalir cukup aktif untuk melakukan pembuatan KTP El. “Anak sekolah mungkin belum sempat masih sibuk sekolah online,” pungkasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top