Pilkada Balikpapan

892 Personel TNI-Polri Siap Amankan Pilkada Balikpapan

Kombes Pol Turmudi

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Balikpapan tinggal menunggu hitungan hari. Diketahui, pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali itu akan dilangsungkan 9 Desember 2020 mendatang.

Bagi aparat kepolisian maupun TNI, penyelenggaraan pemilihan wali kota dan wakil wali kota, menjadi atensi utama. Terlebih pelaksanaanya di masa pandemi Covid-19 saat ini. Aparat perlu memastikan bahwa proses Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan damai hingga menghasilkan pemimpin terbaik bagi Kota Balikpapan lima tahun ke depan. Kemudian perlu memastikan tidak adanya kerumunan untuk mengantisipasi penyebaran virus.

Dari sisi pengamanan perhelatan Pilkada, Polresta Balikpapan akan menyiagakan 600 personel sejak H-3. Pengamanannya meliputi pengamanan tertutup maupun terbuka. Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi mengatakan, selama masa kampanye kondusivitas Kota Balikpapan masih tetap terjaga.

“Polri bersama TNI, Satpol PP dan unsur pengamanan lain saat hari H nanti di masing-masing TPS, Insyallah sudah siap. Pasukan juga sudah disiagakan sebanyak 600 personel,” katanya beberapa waktu lalu.

Sementara dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0905 Balikpapan, juga telah menyiagakan personel untuk membantu pengamanan Pilkada. Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengatakan, sudah menyiapkan 292 personel yang terdiri dari jajaran Kodim, Yonif Raider, Yonzipur, Yonkav dan Asistensi Kodam.

“Ada 292 orang semuanya yang kami siapkan untuk pengamanan Pilkada bersama jajaran kepolisian,” katanya.

Selain instansi terkait, TNI maupun Polri juga telah melakukan pendekatan terhadap tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, serta tokoh daerah lainnya, untuk bersinergi menciptakan wilayah yang kondusif di Kota Balikpapan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top