Pilkada Balikpapan

Satgas Covid 19 Sediakan 10 Titik Pemeriksaan Swab bagi Petugas KPU dan Bawaslu

hamas Ramadhan

KOTAKU, BALIKPAPAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan bersama Tim Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menggelar pemeriksaan swab terhadap ratusan petugas KPPS, Linmas dan Panwas yang dinyatakan reaktif pada Rapid Test kedua.

“Dari 1.031 petugas KPPS yang dinyatakan reaktif Covid-19, pada test kedua tersisanya sebanyak 742 orang saja, nah sebanyak 742 ini kami lakukan test swab yang berkerja sama dengan Tim Satgas Penanggulangan Percepatan Covid-19 untuk memastikan berapa banyak yang terpapar,” tutur Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha, ditemui di kantor KPU Balikpapan, Selasa (1/12/2020).

Thoha mengatakan, apabila nantinya ada petugas KPPS, Linmas dan Panwaslu yang hasil swabnya dinyatakan positif, maka akan diberhentikan kemudian akan dilakukan isolasi. Selanjutnya, KPU Balikpapan akan mengganti petugas tersebut.

“Kami akan siapkan petugas penggantinya dengan petugas baru, dan dalam waktu dekat petugas ini kami akan juga lakukan Rapid Test dan bila dinyatakan non reaktif, maka akan lanjutkan kami berikan bimbingan teknis,” jelasnya.

Thoha menambahkan, dari 742 petugas ini bukan semuanya dari KPPS ada yang bertugas sebagai linmas dan panwas. Sehingga jika dirata-rata dari 1.500 TPS tiap TPS hanya satu orang saja yang melakukan pemeriksaan swab tersebut.

“Sebenarnya petugas KPPS bisa kurang dari tujuh orang, enam atau lima orang masih bisa namun, karena waktunya masih cukup maka kami siapkan saja penggantinya,” tegas Thoha.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top