Pilkada Balikpapan

KPU Balikpapan Ganti Petugas KPPS yang Terpapar Covid 19

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha

KOTAKU, BALIKPAPAN- Sebanyak 14 petugas KPPS dan satu Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan terkonfirmasi positif Covid 19. Khusus petugas KPPS yang terinfeksi Covid-19, maka akan diganti.

“Penggantianya bagaimana, setiap TPS ada tujuh anggota KPPS tapi yang daftar ada delapan, ada sembilan. Otomatis urutan berikutnya setelah tujuh itulah yang akan mengganti nanti, jadi kami tinggal memanggil saja,” ucap Noor Thoha saat ditemui di Hotel Horison, Jum’at (4/12/2020).

Thoha mengatakan sebelum hari H sepanjang itu masih memungkinkan akan diganti. Akan tetapi, jika kondisi darurat pada hari H ada petugas KPPS yang berhalangan hadir maka dalam regulasinya KPU Balikpapan memperbolehkan setiap TPS diisi lima petugas KPPS.

Terkait Komisioner KPU Balikpapan yang terkonfirmasi positif berpengaruh terhadap kegiatan, karena Komisioner tersebut merupakan divisi teknis penyelenggaraan. Namun, ada perwakilan beserta staf yang akan menggantikan posisi.

Thoha menambahkan, telah dilakukan pemeriksaan swab hari ini terhadap keluarga dan rekan kerja di lingkungan KPU Balikpapan yang selama ini kontak erat dengan Komisioner. “Empat orang yang setiap hari aktivitas (komisioner terkonfirmasi, Red) dilakukan swab hari ini termasuk suami dan anaknya. KPU ada dua orang yang berinteraksi terus siang malam persiapan Sirekap itu. Doakan saja semoga (hasil tes) negatif,” pungkasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top