Metro

Puskesmas Sepinggan Baru Komitmen Terapkan Zona Integritas

drg Sulastri

KOTAKU, BALIKPAPAN-Pelayanan prima yang menjadi komitmen Pemkot Balikpapan terus diterapkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), khusus yang bersentuhan langsung dengan pelayanan kesehatan. Salah satunya Dinas Kesehatan Kota (DKK). Puskesmas yang menjadi ujung tombak, pun memiliki komitmen yang sama, pelayanan prima dijunjung tinggi. Hal itu yang diterapkan Puskesmas Sepinggan Baru.

Puskesmas yang membawahi tiga kelurahan yakni Sepinggan, Sepinggan Raya, dan Sepinggan Baru ini bukan hanya mengedepankan pelayanan prima tetapi juga komitmen dalam menerapkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

“Pelayanan kesehatan yang prima memang tujuan kami. Apalagi dengan adanya penghargaan yang diraih puskesmas oleh Pemkot Balikpapan tahun 2019 lalu, komitmen kami semakin tinggi,” ujar Kepala Puskesmas Sepinggan Baru, drg Sulastri, Jumat (4/12/2020).

Wanita berhijab yang berprofesi sebagai dokter gigi ini melanjutkan, penghargaan yang diterima oleh Pemkot Balikpapan lantaran alur pelayanan kesehatan Puskesmas dan tidak adanya pungutan liar (pungli) yang terjadi selama ini.

“Alhamdulillah, penghargaan selaras dengan pelayanan prima yang kami berikan kepada masyarakat,” ungkap Sulastri.

Begitu juga soal pelayanan dalam penanganan Covid-19. Selain mengikuti instruksi Kemenkes, DKK dan Satgas Penanganan Covid-19, Puskesmas juga andil dalam melakukan edukasi pencegahan di tengah masyarakat. Berbagai elemen masyarakat disasar agar mengikuti aturan protokol kesehatan.

“Sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan intensif kami lakukan, terkhusus kewajiban menggunakan masker, rutin mencuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan,” jelasnya.

“Menekan kasus corona, kuncinya hanya kesadaran dan komitmen masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Misal pakai masker dan rajin cuci tangan, kini harus jadi budaya sehari-hari,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top