Pilkada Balikpapan

KPU Balikpapan Musnahkan 3.765 Surat Suara Rusak

KPU Balikpapan gelar konferensi pers terkait pembakaran kertas suara yang rusak di halaman kantor KPU Balikpapan, Selasa malam (8/12/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU,BALIKPAPAN-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan, 9 Desember 2020 tengah berlangsung. Namun sebelum perhelatan lima tahunan tersebut dimulai, tepatnya malam harinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan menggelar pemusnahan 3.765 surat suara yang rusak. Itu sesuai Peraturan KPU. “Setelah surat suara telah terdistribusi ke TPS, surat suara hasil sortir kemarin yang rusak, KPU Balikpapan berkewajiban memusnahkan dengan cara dibakar yang dihadiri oleh Bawaslu dan pihak kepolisian.

Berarti surat suara posisi sudah di TPS masing-masing, jadi kami tidak menyimpan surat suara sama sekali karena sudah dimusnahkan,” ucap Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, Selasa (8/12/2020) malam tadi.

Adapun surat suara yang rusak mayoritas dikarenakan adanya bercak, kemudian gambarnya tigak sempurna, potongannya tidak simetris dan adanya guratan-guratan lipatan. Jika di TPS nanti surat suara tersebut diikutkan, maka nantinya timbul perdebatan.

“Dalam mekanisme pemungutan penghitungan itu ada istilahnya surat suara rusak atau surat suara salah coblos. Itu harus dihitung di sana jadi kami pastikan surat suara yang ada di TPS itu surat suara yang betul-betul sudah sempurna, sudah melalui sortir,” tegasnya.

Thoha juga meminta agar seluruh penyelenggara di tingkat bawah untuk memastikan bahwa TPS sebanyak 1.505 betul adanya, jangan sampai nanti ada TPS yang tidak ada wujudnya. Ia pun melakukan monitoring ditiap kelurahan untuk memastikan adanya TPS. Selain itu juga, penyelenggara perlu memastikan kotak suara tersimpan di TPS, tidak boleh kotak suara disimpan di rumah-rumah.

“Karena itu akan mengundang kecurigaan, jangan-jangan dibongkar lagi, ditusukkin lagi. Jadi timbul prasangka buruk terhadap kinerja kami,” ungkapnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top