Metro

Gawat..!! Tingkat Penularan Covid-19 di Balikpapan Meningkat, Tim Satgas Perketat Prokes

Tim Satgas Kota Balikpapan saat menyampaikan perkembangan Covid 19 di Balai Kota, Senin (14/12/2020).

BALIKPAPAN-Angka terkonfirmasi positif Covid 19 di Kota Balikpapan dilaporkan cenderung meningkat. Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Kota Balikpapan sedang mengkaji dan menyusun aksi pencegahan akan melakukan kembali kebijakan pembatasan. Tim Satgas kelurahan dan kecamatan menyoroti terutama kedai kopi atau kafe yang dipadati pengunjung dan pesta pernikahan.

Tak main-main dalam satu minggu terakhir, R nought (RO) atau tingkat penularan melonjak mencapai 1,26.

“Saya mohon kepada masyarakat benar-benar memperhatikan, karena ini merugikan dan membahayakan kami semua. Kalau semua melakukan pelonggaran dan tidak terkontrol protokol kesehatan, maka yang berakibat kepada kami akan kembali naik,” ujar Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi sekaligus Ketua Tim Satgas di Balai Kota, Senin (14/12/2020).

Lanjut Rizal menjelaskan telah membuat surat edaran terkait kegiatan di gereja karena sudah ada surat edaran Kementerian Agama. Begitu pula, semua tempat hiburan masyarakat termasuk juga objek wisata sementara ditutup menjelang Tahun Baru. Bukan hanya Balikpapan saja, semua daerah juga tidak mengizinkan kegiatan menyambut Tahun Baru selain dengan virtual.

“Saya mohon maaf dan saya mohon pengertiannya tidak ada kegiatan yang di lapangan secara fisik yang bisa mendatangkan kerumunan,” serunya.

Apalagi 11 Januari 2021 akan dimulai pembelajaran tatap muka (PTM), sehingga perlu menurunkan angka terkonfirmasi positif. Sementara itu, hari ini terdapat penambahan terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan sebanyak 22 kasus, kasus selesai isolasi berjumlah 22 kasus dan satu kasus positif Covid 19 meninggal dunia.

Mengingat kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan mencapai 4.960 orang, di antaranya pasien yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 176, pasien yang masih isolasi 276 orang, pasien positif yang dinyatakan sembuh 4.264 orang dan pasien positif yang meninggal dunia berjumlah 244 orang.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top