Peristiwa

Ingin Pulang ke Pulau Jawa, Seorang Pria Hanyutkan Diri Naik Galon dari Balikpapan

Korban berhasil diselamatkan usai mengapung sekira tiga jam di Teluk Balikpapan (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Tak punya uang beli tiket pulang ke Pulau Jawa, seorang pria bernama Dedik Purnomo (27) warga Putuk Rejo RT 005 RW 005 Desa Kemantren Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, Jawa Timur, nekat menghanyutkan diri dengan menggunakan dua galon di Teluk Balikpapan, Rabu (16/12/2020) sore.

Informasi diterima, kejadian bermula saat warga melihat korban mengapung di Pelabuhan Chevron Balikpapan Kota. Warga yang melihat itu langsung teriak ada korban hanyut. Mendapat informasi itu, personel Polsek Pelabuhan Semayang bersama warga sontak melakukan evakuasi dengan menaiki speedboat dan selanjutnya berhasil dibawa ke daratan.

Menurut pengakuan korban, dia nekat menghanyutkan diri untuk pulang ke Pulai Jawa lantaran tidak mempunyai uang untuk membeli tiket. Karena sudah tidak ada pilihan, korban akhirnya merakit dua galon minum dan nekat menghanyutkan diri dari Teluk Balikpapan.

“Tidak punya uang dan tidak ada pilihan lain. Sudah empat bulan saya di sini gak ada kerjaan. Saya tinggal sama kakak saya,” ujar Dedik.

Sementara itu Kapolsek Pelabuhan Semayang AKP Retno Ariani ketika dikonfirmasi, mengaku kalau korban sebelum ditemukan, sudah tiga jam mengapung di lautan.

“Sudah tiga jam mengapung. Kalau kondisi korban sehat. Korban juga bagus saat diajak ngobrol. Kemungkinan korban stres karena ada masalah dengan keluarga di sini,” ungkap Retno.

Ditambahkannya lagi, langkah selanjutnya yang akan mereka lakukan, yakni membawa korban ke rumah keluarganya terlebih dahulu. Kalau memang sepakat korban akan pulang ke kampung halamannya, pihak kepolisian akan membantu untuk membelikan tiket. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top