Pilkada Balikpapan

KPU Balikpapan Tetapkan Hasil Perolehan Suara, Rahmad- Thohari Unggul Seluruh Kecamatan

Jika melihat hasil perolehan suara dari enam kecamatan di Kota Balikpapan, pasangan calon Rahmad-Thohari paling unggul di Kecamatan Balikpapan Utara, pun begitu kolom kosong paling unggul di Kecamatan Balikpapan Utara. Akan tetapi, di seluruh kecamatan suara Rahmad-Thohari lebih unggul.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Balikpapan Agustan memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara baik di tingkat kelurahan sampai tingkat kota, bahwa pelaksanaan hasil rekapitulasi dari enam kecamatan yang dibacakan, pemantauan, saksi dan bawaslu tidak ada perbedaan terkait dengan hasil.

“Namun, terkait dengan data memang ada beberapa hal yang perlu kami koreksi. Nah itulah fungsinya rekapitulasi di tingkat kota walaupun juga di tingkat kecamatan sudah dilakukan koreksi terkait dengan selisih data,” urainya.

Memang dalam hal penginputan data itu menggunakan Sirekap dan manual sehingga timbulnya koreksi terkait data. “Ya, itu lumrahlah,” ucapnya.

Agustan mengatakan tingkat partisipasi 60,1 persen itu mengalami kenaikan dari lima tahun sebelumnya pada tahun 2015 yakni hanya 54 persen. Mengingat saat ini di tengah pandemi Covid 19, partispasi mengalami kenaikan tujuh persen dari tahun 2015. “Secara nasional target ini belum tercapai dari 77,5 persen (yang ditargetkan),” terangnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top