Metro

Wali Kota Balikpapan Ingin Ruang Kelas di Sekolah Tiru SD Bethel

hamas Ramadhan
Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi beserta Tim
Satgas meninjau simulasi pembelajaran tatap muka di SD Bethel di Jalan Mayjen Sutoyo RT 01 No 6 Kelurahan Gunung Sari Ilir Kecamatan Balikpapan Tengah, Kamis (17/12/2020) (foto:kotaku.co.id/niken)

KOTAKU, BALIKPAPAN-Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi beserta Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) meninjau simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat Sekolah Dasar (SD). Kali ini menyasar SD Bethel di Jalan Mayjen Sutoyo RT 01 No 6 Kelurahan Gunung Sari Ilir Kecamatan Balikpapan Tengah, Kamis (17/12/2020).

“Beberapa hal yang kami ingin lengkapi nanti di sekolah-sekolah, ruang kelas ada seperti ini mengingatkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,Red) media promosinya supaya anak-anak selalu ingat,” jelasnya di sela-sela peninjauan SD Bethel.

Lanjut Rizal mengatakan, masih mengevaluasi perkembangan dari simulasi PTM yang sudah berlangsung selama empat hari sejak 14-17 Desember 2020. “Kalau dilihat dari sekolah dan anak-anak, sebagian besar memilih sekolah tatap muka, jadi kami persiapkan nanti sambil kami evaluasi sampai 11 Januari 2020,” terangnya.

Kembali Rizal menambahkan, jikalau perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid 19 tidak terlalu rentan dan didukung dengan kondisi sekolah yang telah menerapkan protokol kesehatan. Serta, para tenaga guru yang aman artinya guru yang sudah lulus pemeriksaan Rapid Test.

“Kalau sekolah yang kami anggap masih ada yang positif dan gurunya yang masih (terkonfirmasi positif, Red) kami akan tunda (PTM, Red),” ucapnya.

Menjelang pembelajaran tatap muka 11 Januari 2021, sebanyak enam ribu para tenaga pendidik di Kota Balikpapan akan melakukan pemeriksaan Rapid Test. Akan tetapi, 2.800 tenaga pendidik telah mengikuti pemeriksaan Rapid Test menjelang simulasi PTM.

Sedangkan, para tenaga guru yang belum melakukan pemeriksaan Rapid Test, seminggu sebelum PTM dimulai akan dibuka Rapid Test bagi para pendidik. “Guru- guru yang belum (mengikuti pemeriksaan Rapid Test saat simulasi PTM, Red) kami Rapid lagi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rizal menyampaikan bahwa Kaltim khususnya Balikpapan akan menerima vaksin Covid 19 secara gratis oleh Presiden RI Joko Widodo. Tentunya diberikan secara bertahap karena tidak bisa langsung datang sekaligus, sehingga yang lebih didahulukan yakni tenaga kesehatan, tenaga lapangan dan tenaga pelayanan publik.

“Itu yang pasti duluan karena mereka berada di garis terdepan melayani masyarakat. Pasti seperti itu, kami bertahap sesuai dengan berapa banyak vaksin yang datang. Kan tidak mungkin semuanya, pasti bertahap juga,” tukasnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top